Baca dalam 3 menit

Seperti Zhurong, Nama Satelit Matahari China akan Ditentukan Publik

Waktu Publish : 30 Sep 2021, 11:08 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Matahari - Image from NASA

Bolong.id - Tiongkok meluncurkan satelit pertamanya ke matahari dan meminta publik untuk memberinya nama, sebuah surat kabar keluaran Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok melaporkan pada akhir pekan lalu.

Dilansir dari South China Morning Post pada Senin (27/09/21), dirancang untuk menguji platform satelit pengamatan matahari pertama Tiongkok, China H-alpha Solar Explorer (CHASE) akan diluncurkan akhir tahun ini. Peluncuran ini pun menandai awal eksplorasi matahari oleh Tiongkok.

Beberapa organisasi yang terlibat, termasuk pengembang utamanya, China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) yang dikelola negara, telah mengundang publik untuk menyarankan nama untuk satelit uji tersebut hingga 7 Oktober 2021. Sebuah iklan oleh CASC mengatakan 10 nama akan dipilih untuk dipertimbangkan oleh panel ahli dan nama pemenang diumumkan sebelum hari peluncuran.

CHASE diharapkan bisa mendapatkan gambar penuh matahari dalam garis merah yang disebut pita gelombang H-alpha untuk pertama kalinya. Gambar ini akan memperkaya Advanced Space-based Solar Observatory (ASO-S), satelit pengamatan yang lebih komprehensif yang akan diluncurkan pada paruh pertama tahun depan.

Para peneliti memperkirakan bahwa aktivitas matahari akan memulai siklus 11 tahun baru tahun ini dan mencapai puncaknya pada tahun 2024 dan 2025. Misi Tiongkok akan membuat catatan rinci tentang aktivitas ini.

Adapun CHASE telah dirancang untuk bertahan selama tiga tahun, dan ASO-S diharapkan beroperasi setidaknya selama empat tahun, kata surat kabar itu.

Nama-nama pesawat ruang angkasa Tiongkok telah lama menjadi topik hangat karena negara tersebut telah meningkatkan eksplorasi ruang angkasanya dalam dekade terakhir. Nama mereka sering kali diambil dari tokoh mitologi Tiongkok kuno, seperti Chang'e untuk misi bulan dan Yutu, atau Kelinci Giok, untuk penjelajah bulan. Chang'e adalah dewi bulan dan Yutu tinggal di bulan bersamanya.

Ini pun bukan pertama kalinya pihak berwenang Tiongkok meminta masyarakat untuk menyarankan nama. Nama Zhu Rong – penjelajah Mars dan penjelajah pertama Tiongkok yang mendarat di planet lain – berasal dari konsultasi publik, dan merupakan nama dewa api dalam mitologi Tiongkok.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

China Luncurkan Satelit Eksplorasi Matahari Pertamanya

  • Visco Joostensz
  • 15 Oct 2021

news

China Luncurkan Satelit untuk Pasar Negara-negara Berkembang...

  • Lupita
  • 02 Oct 2021

technology

China Luncurkan Satelit yang Dukung Transmisi Video 4K dan 8...

  • Lupita
  • 11 Sep 2021

technology

China Luncurkan Satelit Observasi Untuk Amati Air dan Tanah

  • Lupita
  • 07 Sep 2021

news

China Kembali Berhasil Meluncurkan Dua Satelit Tianhui-2

  • Visco Joostensz
  • 19 Aug 2021

news

Satelit Karbon China Ungkap Kumpulan Data Karbon Global

  • Lupita
  • 17 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong