Baca dalam 5 menit

Deng Xijun: Partai Komunis Tiongkok Membuat Pencapaian Besar Dalam Satu Abad

Waktu Publish : 26 Nov 2021, 18:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Deng Xijun:Partai Komunis Tiongkok Telah Membuat Pencapaian Besar Dalam Satu Abad - Image from 中国驻东盟使团

Jakarta, Bolong.id – (24/11) Deng Xijun, Duta Besar untuk ASEAN, mengadakan konferensi pers melalui siaran video untuk memberikan pengarahan tentang peringatan 30 tahun hubungan dialog Tiongkok-ASEAN.

Dilansir dalam 中国驻东盟使团 pada (26/11/2021), konferensi pers ini merupakan dialog antara duta besar tiongkok dengan wartawan.

“Tahun ini menandai peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok, dan Sidang Pleno Keenam Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok ke-19 baru saja selesai dengan sukses. Prestasi besar yang dibuat oleh Partai Komunis Tiongkok di bawah kepemimpinan rakyat Tiongkok telah menarik perhatian dunia. Pencerahan yang diberikan oleh sejarah 100 tahun Partai Komunis Tiongkok kepada negara-negara lain, terutama negara-negara berkembang".

Duta Besar Deng mengatakan bahwa 11 November lalu, Sidang Pleno Keenam Komite Sentral ke-19 Partai Komunis Tiongkok berhasil diselesaikan. Sidang pleno ini adalah pertemuan sejarah besar yang diadakan pada momen penting peringatan seratus tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok. Hasil terpenting dari pleno tersebut adalah pembahasan mengenai "Resolusi Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok tentang Prestasi Utama dan Pengalaman Sejarah Perjuangan Centennial Partai."

Resolusinya yaitu memperkenalkan perjalanan seratus tahun Partai Komunis Tiongkok, pencapaian besar abad ini dan pengalaman berharga, dan secara mendalam mengungkapkan, "mengapa kita dapat berhasil di masa lalu dan bagaimana kita dapat terus berhasil di masa depan. Mimpi dan harapan Tiongkok tentang peremajaan besar bagi bangsa Tiongkok yaitu memiliki dampak besar dan luas".

Duta Besar Deng juga menambahkan bahwa “Selama 100 tahun terakhir, Partai Komunis Tiongkok telah menjunjung tinggi misi aslinya mencari kebahagiaan bagi rakyat Tiongkok dan peremajaan bagi bangsa Tiongkok. Bersatu dan memimpin rakyat Tiongkok untuk bekerja keras, dan mencapai banyak pencapaian bersejarah dan besar.

Misalnya, dalam 40 tahun terakhir, Tiongkok telah mengangkat 850 juta orang untuk bangkit dari kemiskinan. Sejak tahun 2012, hampir 100 juta orang juga telah diangkat dari kemiskinan. Pada tahun 2020, kaum miskin pedesaan akan diangkat dari kemiskinan. Tingkat kontribusi untuk pengurangan kemiskinan global melebihi 70%. Tujuan pengurangan kemiskinan adalah agenda dari pembangunan berkelanjutan. Pada akhir tahun 2020, kita telah mencapai tujuan abad pertama untuk membangun masyarakat yang cukup sejahtera dalam segala hal.

Hari ini, Partai Komunis Tiongkok memimpin rakyat dengan kecepatan yang tak terbendung menuju tujuan seratus tahun kedua pembangunan negara sosialis yang modern dan kuat secara menyeluruh serta mewujudkan peremajaan besar bagi bangsa Tiongkok.

Duta Besar Deng juga mengatakan bahwa “Partai Komunis Tiongkok telah membuat pencapaian besar dalam satu abad dan telah mengumpulkan banyak pengalaman pembangunan. Saya akan membagikan beberapa di antaranya kepada, yaitu:

Pertama, Partai Komunis Tiongkok selalu menganut kemerdekaan. Partai Komunis Tiongkok sangat menyadari bahwa peradaban dan sistem politik Tiongkok harus mengakar kuat di tanah sosial Tiongkok, dan meniru sistem politik negara lain juga tidak akan berhasil.

Kedua, Partai Komunis Tiongkok selalu menekankan supremasi rakyat. Partai Komunis Tiongkok menganggap "melayani rakyat dengan sepenuh hati" sebagai tujuan fundamentalnya. Partai Komunis Tiongkok selalu menganggap pemenuhan kebutuhan dasar rakyat terus meningkatkan kualitas dan standar kehidupan rakyat sebagai tujuannya. Selain itu juga selalu mengutamakan keselamatan jiwa rakyat, sehingga memenangkan dukungan yang luas dari Partai Komunis Tiongkok.

Ketiga adalah bahwa Partai Komunis Tiongkok selalu mengikuti perkembangan bersama. Partai Komunis Tiongkok memikirkan dunia dan selalu memperhatikan masa depan dan nasib umat manusia dengan perspektif global. Tiongkok mengusulkan untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, "Inisiatif Pembangunan Global", dan dengan teguh mempromosikan pengembangan "Belt and Road" berkualitas tinggi.

Tiongkok selalu menjadi pembangun perdamaian dunia, kontributor pembangunan global, dan pembela tatanan internasional. Kami akan bekerja bahu membahu dengan negara-negara di dunia termasuk negara-negara ASEAN untuk bergerak maju menuju masa depan yang lebih cerah dan lebih baik! (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok ke-19 Gelar Rapat Ple...

  • Esy Gracia
  • 10 Nov 2021

lifestyle

Aktor Lay Zhang Uji Fans tentang Riwayat PKT

  • Djono W. Oesman
  • 13 Oct 2021

news

Diplomat China Dialog dengan Penasihat Keamanan AS

  • Djono W. Oesman
  • 08 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1890 Lahirnya Li Da, Salah Satu Pendiri Partai Komu...

  • Esy Gracia
  • 02 Oct 2021

news

Kurikulum Sekolah Tiongkok Akan Adopsi Ideologi Xi Jinping

  • Visco Joostensz
  • 27 Aug 2021

culture

SEJARAH: 1980 Deng Xiaoping Reformasi Kepemimpinan Partai da...

  • Djono W. Oesman
  • 18 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong