Baca dalam 3 menit

Legenda China: Taigongwang(太公望), Si Ahli Strategi Militer

Waktu Publish : 04 Nov 2021, 15:53 WIB
SHARE ARTIKEL

Legenda Tiongkok: Taigongwang - Image from wikipedia.org

Bolong.id - Taigongwang (太公望) (sekitar 1128 SM-sekitar 1015 SM), bermarga Jiang adalah komandan militer Raja Zhou Wen (周文王) dan Raja Wu (周武王) dari Zhou. Taigongwang membantu dinasti Zhou untuk menggantikan dinasti Yin dan Shang. Dia dinobatkan sebagai leluhur Jiang Qi dan dinobatkan sebagai leluhur Jiang Qi. Karena prestasi militernya, dia dianggap sebagai santo seni bela diri dan ahli strategi militer. Ritualnya sama dengan Kuil Konfusianisme.

Menurut cerita rakyat, Taigong (太公) pergi memancing di Sungai Weishui, berharap bertemu Mingzhu. Dikatakan bahwa Jiang Shang memancing dengan kawat lurus tanpa membungkuk. Tiga bulan kemudian, Zhou Wenwang menemukan Jiang Shang, yang berusia lebih dari 80 tahun, ketika dia sedang berpatroli di tepi Sungai Weishui. Raja Zhou Wen (周文王) melihat bahwa kail Lu Shang lurus, dan dengan penasaran bertanya, "Jika kail harus melengkung, mengapa kail yang Anda gunakan lurus?" Jiang Shang (姜尚) menjawab, "Ikan yang ingin saya tangkap adalah sukarela. Saya tidak harus menggunakan kail bengkok untuk memaksa ikan." Zhou Wenwang (周文王) segera menyadari bahwa ini adalah permainan kata-kata, dan dia berkata: "Yin Zhou adalah tirani, dan orang-orang tidak mencari nafkah. Saya akan merevitalisasi dunia dan meminta saya suamiku untuk menjadi guruku." Jiang Shang setuju.

Zhou Wenwang memberi hormat kepada Jiang Shang sebagai Taishi di tempat, mengundang Jiang Shang untuk naik bus, menyaring kusir, dan secara pribadi menarik kereta untuk mengundang Jiang Shang kembali.Perjalanan itu sekitar 800 langkah, dan Jiang Shang menghitung bahwa Dinasti Zhou berusia sekitar 800 tahun. Meskipun cerita ini tidak terlihat dalam catatan sejarah resmi, lebih cenderung menjadi fiksi sejarah tidak resmi, masih beredar luas di antara orang-orang. Pepatah alegoris: "Jiang Taigong sedang memancing, dan mereka yang ingin mengambil umpan" berasal dari ini. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong