Baca dalam 3 menit

iPhone 11 Diduga Gunakan Data Dari Sistem Satelit BeiDou Tiongkok

SHARE ARTIKEL

Satelit BeiDou - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir dari wccftech.com, raksasa teknologi Cupertino, Apple Inc. sekali lagi menjadi pusat perhatian pekan lalu ketika pemerintah Amerika Serikat memberlakukan larangan pada aplikasi asal Tiongkok, TikTok (抖音) dan WeChat (微信). 

Menyusul larangan tersebut, analis berspekulasi bahwa apabila otoritas AS juga memaksa Apple untuk menghapus WeChat (微信) dari iPhone, iPhone Apple di Tiongkok akan kehilangan daya tariknya bagi konsumen Tiongkok. 

Selain itu, mengikuti komentar dari Ran Chengqi, kepala Kantor Navigasi Satelit Tiongkok (CSNO) yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan Sistem Eksperimental Navigasi BeiDou Satellite, Apple harus memperkenalkan kompatibilitas BeiDou dengan iPhone.

Apple kemudian mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan yang dibuat kepada Global Times bahwa versi terbaru dari smartphone tersebut menggunakan data dari BeiDou untuk menentukan lokasi.

Tangkapan layar dari halaman spesifikasi jajaran iPhone 11 yang ditemukan di Apple.com.cn menunjukkan bahwa smartphone tidak secara langsung mendukung jaringan navigasi satelit BeiDou Tiongkok - Image from wccftech.com

Namun, meskipun Apple mengonfirmasi bahwa iPhone terbaru memang mengandalkan data jaringan Tiongkok untuk fitur berbasis lokasi mereka, situs web perusahaan Tiongkok tersebut tidak mencantumkan dukungan untuk jaringan tersebut.

Situs web mencantumkan dukungan bawaan untuk Sistem Penentuan Posisi Global Amerika (GPS) yang dioperasikan secara gratis oleh Departemen Pertahanan (DoD) melalui Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat (USSF) dan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS). 

GNSS mencakup cakupan dari GPS, Sistem Satelit Navigasi Global Rusia (GLONASS) dan BeiDou.

Mengingat spesifikasi teknis iPhone 11 tidak secara langsung menyebutkan dukungan BeiDou, pernyataan Apple kemungkinan mencakup dukungan untuk jaringan melalui GNSS. 

Namun, fakta bahwa perusahaan secara khusus hanya menyebutkan iPhone 11 tahun 2019 lalu sebagai pendukung jaringan dan bukan mendukung model lama juga menyita perhatian karena spesifikasi teknis untuk perangkat sebelumnya juga mencantumkan dukungan GNSS.

Mengambil dua fakta ini untuk mencapai kesimpulan, kemungkinan besar Apple baru-baru ini menambahkan kompatibilitas BeiDou dengan dukungan GNSS di iPhone. Namun, kecuali ada konfirmasi resmi tentang fakta ini, pembaca diingatkan untuk menanggapi hal ini hanya sebagai dugaan sementara. (*)


Terkait

coronavirus

Penjualan iPhone di Tiongkok bulan Februari Turun 60% !

  • Bolong team
  • 12 Mar 2020

teknologi

PUBG Mobile Adakan Kontes Design Outfit: Hadiah Iphone 11 Pr...

  • Bolong team
  • 29 Apr 2020

technology

Wah, iPhone 11 Pro Max 64 GB di Tiongkok Lebih Murah Rp...

  • Bolong team
  • 04 Jun 2020

technology

Iphone Generasi Berikutnya Mungkin Dibuat di India

  • Della Shafira Putri
  • 26 Jul 2020

technology

Intip Wajah Baru iPhone Versi 5G

  • Della Shafira Putri
  • 31 Jul 2020

technology

iPhone 12 Dukung Satelit Navigasi Beidou

  • Della Shafira Putri
  • 09 Aug 2020
Logo follow bolong