Kota Terlarang Resmikan Pameran Rayakan HUT ke-600

logo clock 5 Menit logo clock 12-09-2020, 07:23

Kota Terlarang Resmikan Pameran Rayakan HUT ke-600 - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Kota Terlarang, juga dikenal sebagai Museum Istana, pada Kamis (10/9/20) meresmikan sebuah pameran yang menampilkan perencanaan, tata letak, arsitektur, dan kehidupan istana untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-600.

Bertajuk "Kemegahan Abadi: Enam abad di Kota Terlarang", pameran ini menampilkan lebih dari 450 peninggalan budaya dan foto sejarah di tiga aula di atas Gerbang Meridian atau pintu masuk utama Kota Terlarang. Beberapa benda pameran telah dipamerkan untuk pertama kalinya.

Pengunjung melihat Istana Musim Dingin Ratu di pameran (10/9/20) - Image from CGTN

Sejak selesai dibangun pada 1420, Kota Terlarang berfungsi sebagai istana kekaisaran Dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911), dengan 24 kaisar tinggal dan memerintah di sana. Ia berdiri hari ini sebagai perwujudan pemikiran terkonsentrasi tentang perencanaan kota dan pembangunan istana di Tiongkok kuno.

Pameran mengeksplorasi 600 tahun terakhir Kota Terlarang

Mengikuti garis waktu, pameran dibagi menjadi tiga bagian dengan 18 peristiwa sejarah besar. Bagian pertama menjelaskan alasan Kota Terlarang direncanakan dan ditata sebagaimana adanya melalui hubungan antara istana kekaisaran dan ibu kota.

Pengunjung mengambil foto di pameran (10/9/20) - Image from CGTN

Bagian kedua, "Inklusivitas", berfokus pada tampilan Kota Terlarang dalam elemen etnis setelah diambil alih oleh penguasa etnis Manchu selama Dinasti Qing dan gaya arsitektur Barat setelah abad ke-18.

Bagian ketiga menunjukkan bagaimana istana kekaisaran diberi semangat baru setelah menjadi museum publik dan Situs Warisan Dunia dan menyambut pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri.

Piala Emas bertatahkan permata dengan Prasasti "Jin'ou youngu (Wilayah Kekal) dipamerkan (10/9/20) - Image from CGTN

"Kota Terlarang memiliki fondasi budaya beberapa ribu tahun dan basis arsitektur pada tradisi Dinasti Tang dan Song sebelum berkembang menjadi bentuknya saat ini," ujar Ren Wanping, wakil direktur Museum Istana dan kurator umum pameran.

"Saya berharap pengunjung memahami bahwa Kota Terlarang mengandung pemikiran filosofis Tiongkok dan semangat humanistik dari budaya kita yang tak henti-hentinya diturunkan dari generasi ke generasi," tambahnya.

Sepuluh Ornamen Hewan Mengkilap, yang berdiri bersama hanya di bagihan atap Aula Harmoni Tertinggi, gedung terbesar, dan tingkat tertinggi di Kota Terlarang telah dipamerkan bersama untuk pertama kalinya (10/9/20)- Image from CGTN

Peninggalan budaya yang jarang terlihat dipamerkan

Pameran ini menampilkan banyak peninggalan budaya yang jarang terlihat, termasuk Istana Ratu Musim Dingin Coronet yang digunakan pada hari pernikahannya dan Piala Emas bertatahkan Permata dengan Prasasti "Jin'ou youngu" (Wilayah Kekal) yang digunakan oleh kaisar pada Malam Tahun Baru Imlek.

Sepuluh Ornamen Hewan Mengkilap (Glazed Animal Ornaments), yang berdiri bersama hanya di bagian atap Aula Harmoni Tertinggi (Hall of Supreme Harmony), gedung terbesar dan tingkat tertinggi di Kota Terlarang, telah dipamerkan bersama untuk pertama kalinya. Pada kesempatan sebelumnya, mereka ditampilkan secara terpisah.

Kain kasa pernis (The Lacquered Gauze) - Image from CGTN

Harta karun lainnya adalah Kain Kasa Pernis (Lacquered Gauze), awalnya di partisi jendela di ruang selatan Belvedere of Viewing Achievements (Fuwang ge). Dicat dengan emas dan perak, kain indah ini memiliki enam lapisan tetapi mudah dilalui cahaya.

"Ini pertama kalinya ditampilkan untuk umum dalam lebih dari 200 tahun terakhir," kata kurator Zhang Jie, "Karena kondisinya yang rapuh, akan sangat sulit untuk dipamerkan lagi di masa mendatang."

Pameran akan berlangsung hingga 15 November 2020 mendatang. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Nurul Diah

Terkait

10 Hantu dari China Ini Dijamin Bikin Anda Susah Tidur

 

logo clock 27-10-2020, 09:38
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Panjat Bangunan Kuno di Beijing, Dua Turis Di-blacklist

 

logo clock 27-10-2020, 09:34
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pejabat Mongolia Adakan Pemeriksaan Terkait Reformasi Pendidikan Baru

 

logo clock 26-10-2020, 15:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

6 Potret Aktor Film China 90-an, Dulu vs Sekarang

 

logo clock 26-10-2020, 15:11
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Sejarah Dim Sum, Snack Tanda Hormat Warga ke Prajurit China 1.600 Tahun Silam

 

logo clock 26-10-2020, 14:09
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral