Minum Kopi Sebelum Sarapan Ternyata Bahaya

logo clock 4 Menit logo clock 02-10-2020, 11:20

Ternyata, Minum Kopi Sebelum Sarapan Tidak Baik Bagi Tubuh - Image from Pexels

Beijing, Bolong.id - Sebagian besar orang biasa meminum kopi saat pagi sebelum sarapan, atau bahkan meminum kopi adalah sarapan itu sendiri. Ternyata, menurut para ahli, hasil studi dari University of Bath di Inggris menunjukkan bahwa kopi yang diminum pertama kali di pagi hari dapat membahayakan kesehatan jangka panjang seseorang.

Peneliti dari universitas tersebut mengungkapkan, meminum kopi setelah sarapan lebih baik untuk kesehatan. Alasan di balik ini berkaitan dengan efek mengejutkan dari kopi terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Profesor James Betts berkata, “Kami tahu bahwa hampir setengah dari kita akan bangun di pagi hari dan sebelum melakukan aktivitas adalah minum kopi - secara intuitif, semakin lelah kita, semakin kuat kadar kopi yang dikonsumsinya.”

“Studi ini penting dan memiliki implikasi kesehatan yang luas karena hingga saat ini kami memiliki pengetahuan yang terbatas tentang apa yang dilakukannya terhadap tubuh kami, khususnya untuk metabolisme dan kontrol gula darah kami,” ujar James Betts, dilansir dari Mirror UK.

Sederhananya, kontrol gula darah kita terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh kita adalah kopi, terutama setelah mengalami gangguan tidur. Karena itu, seseorang disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

Dalam studi tersebut, para peneliti meminta 29 pria dan wanita sehat untuk menjalani tiga eksperimen semalam yang berbeda secara acak.

Dalam eksperimen pertama, partisipan memiliki tidur malam yang normal, dan diminta untuk mengonsumsi minuman manis saat mereka bangun tidur di pagi harinya.

Yang kedua, peserta mengalami gangguan tidur malam, dan konsumsi minuman manis yang sama saat mereka bangun.

Terakhir, pada percobaan ketiga, partisipan mengalami gangguan tidur malam, tetapi diberi kopi hitam kental 30 menit sebelum mengonsumsi minuman manis.

Pada setiap tes diambil sampel darah dari partisipan yang diambil setelah minum minuman manis.

Mempertahankan kadar gula darah yang tepat sangat penting untuk kesehatan jangka panjang. Bersama dengan tekanan darah dan indikator kesehatan lainnya dapat memprediksi kesehatan jangka panjang seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang terbaik adalah sarapan dulu baru minum kopi.

Demikian pula, ketika memutuskan jenis makanan apa yang akan dimakan, seseorang harus mempertimbangkan efek kopi pada pemrosesan gula darah.

Harry Smith, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, “Hasil penelitian mengungkapkan bahwa gangguan tidur semalam tidak memperburuk respons glukosa darah peserta saat sarapan, jika dibandingkan dengan tidur malam normal. Namun, kopi hitam kental yang dikonsumsi sebelum sarapan ditemukan secara substansial meningkatkan respons glukosa darah untuk sarapan sekitar 50%.”

Individu harus mencoba untuk menyeimbangkan manfaat stimulasi potensial dari kopi berkafein di pagi hari dengan potensi kadar glukosa darah yang lebih tinggi dan mungkin lebih baik untuk mengkonsumsi kopi setelah sarapan daripada sebelumnya, dilansir dari Sohu.

Banyak hal yang perlu dipelajari tentang efek tidur pada metabolisme tubuh, seperti berapa banyak gangguan tidur mengganggu metabolisme tubuh dan apa implikasi jangka panjangnya, serta bagaimana olahraga, misalnya, dapat membantu melawan beberapa dari ini, tambahnya. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Studi: 15% Kematian Akibat COVID-19 Disebabkan Paparan Polusi Udara

 

logo clock 28-10-2020, 13:26
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kashgar Selesaikan Tes COVID-19 untuk Semua 4,74 Juta Penduduk

 

logo clock 28-10-2020, 11:45
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kasus COVID-19 Capai 160 di Kashgar Saat Uji Massal

 

logo clock 27-10-2020, 11:09
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Inilah Tips untuk Memastikan Anda Tetap Sehat

 

logo clock 27-10-2020, 10:55
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Heboh, PNS di Shandong Racuni Rekannya dengan “Hormon Babi”

 

logo clock 27-10-2020, 10:30
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral