Baca dalam 3 menit

Buku tentang Konfusius Bahasa Prancis, Masuk Perpustakaan Nasional China

SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Buku berbahasa Prancis dari "An Introduction to The Analects of Confucius" masuk koleksi Perpustakaan Nasional Tiongkok, dipamerkan pada Rabu (4/11/20).

Buku yang diterbitkan pada 1688 itu merupakan hadiah kenegaraan yang diterima Presiden Tiongkok Xi Jinping dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron, selama kunjungannya ke Prancis, Maret 2019.

Buku tersebut adalah manuskrip utuh pertama yang ditulis dalam bahasa asing selama Abad Pencerahan Eropa yang dikumpulkan oleh perpustakaan.

Beberapa karya asing tentang Konfusius juga dipamerkan di hari yang sama, kebanyakan tertanggal antara abad ke-17 dan ke-19. Pameran akan berlangsung hingga 6 Desember 2020.

"The Analects of Confucius" adalah kumpulan ide dan ucapan dari filsuf Tiongkok kuno Konfusius dan murid-muridnya. Ini telah diterjemahkan ke dalam sejumlah bahasa asing dan dibaca di seluruh dunia.

Kurator Rao Quan mengatakan pameran tersebut akan sepenuhnya menunjukkan nilai manuskrip dalam mewujudkan pertukaran peradaban antara Tiongkok dan Eropa.

Ketertarikan Tiongkok dan Prancis yang berkelanjutan dan penelitian mendalam tentang karya kuno masing-masing tentang budaya tradisional akan memajukan pertukaran dan pembelajaran timbal balik antara dua peradaban dan membawa kedua bangsa lebih dekat, kata Hu Heping, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok, sebagaimana dilansir dari CGTN. (*)

Terkait

culture

Buku tentang Konfusius Bahasa Prancis, Masuk Perpust

  • Isna Fauziah
  • 05 Nov 2020
Logo follow bolong