Menteri Pertahanan Tiongkok dan India Bertemu di Moskow

logo clock 4 Menit logo clock 05-09-2020, 16:27

Menteri Pertahanan Tiongkok dan India Bertemu di Moskow - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Moskow, Bolong.id - Menteri pertahanan Tiongkok dan India telah bertemu di sela-sela pertemuan Shanghai Cooperation Organization (SCO) di Moskow, Rusia pada Jumat (4/9/2020) kemarin. Para ahli mengatakan bahwa pertemuan ini berfungsi sebagai kesempatan bagi kedua pihak untuk bertukar pikiran tentang ketegangan perbatasan dan menghindari konfrontasi yang lebih sengit.

“Pertemuan antara para menteri pertahanan itu adalah pertemuan tatap muka tingkat pertama dan tertinggi setelah bentrokan perbatasan Tiongkok-India yang baru-baru ini terjadi. Ini akan membantu kedua negara meningkatkan komunikasi pertahanan, mengendalikan situasi, dan menghindari kebuntuan di selatan Danau Pangong Tso yang meningkat menjadi bentrokan yang lebih luas,” ungkap Qian Feng (钱峰), direktur departemen penelitian di Institut Strategi Nasional Universitas Tsinghua, Beijing, dilansir dari Global Times, Sabtu (5/9/2020).

Sebelumnya Menteri Pertahanan India Rajnath Singh tiba di Moskow dan bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Sergey Shoigu pada hari Kamis (3/9/2020) kemarin. 

Media Rusia melaporkan bahwa menteri pertahanan India dan Tiongkok berbicara di sebuah hotel di pusat kota Moskow setelah pertemuan SCO. Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua jam dua puluh menit tersebut, Singh berbicara tentang pentingnya non-agresi di hadapan mitranya dari Tiongkok. Singh juga mengunggah sebuah cuitan di twitter-nya, “Keamanan dan perdamaian di negara-negara SCO yang merupakan rumah bagi lebih dari 40% penduduk dunia membutuhkan kepercayaan dan kerja sama, non-agresi, penghormatan terhadap aturan dan norma internasional, kepekaan terhadap kepentingan satu sama lain & penyelesaian perbedaan secara damai,” dilansir dari nikkei.com.

Di satu sisi, Qian mencatat bahwa tidak realistis untuk menyelesaikan semua masalah dalam satu pertemuan dan pertemuan ini akan mendorong departemen yang terkait dengan daerah perbatasan untuk mengambil langkah lebih lanjut guna meredakan ketegangan yang ada saat ini.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar pada Kamis (3/9/2020) mengatakan bahwa solusi untuk krisis India-Tiongkok saat ini "harus ditemukan dalam diplomasi" dan ia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (王毅) di Moskow pada 10 September 2020 mendatang. Namun, hingga Jumat (4/9/2020), belum ada informasi mengenai pertemuan para menteri luar negeri tersebut dari pihak Tiongkok.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Wang Yi juga telah melakukan panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dan Penasihat Keamanan Nasional India Ajit Doval pada Juli lalu yang membantu menstabilkan situasi setelah pertempuran kecil di Lembah Galwan.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Peserta Rindu Komunikasi Tatap Muka di Pameran Buku Frankfurt

 

logo clock 21-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Tentaranya Ditangkap, China Desak India untuk Segera Kembalikan Tentaranya

 

logo clock 20-10-2020, 14:43
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China: Pencabutan Embargo Senjata PBB Terhadap Iran Cerminkan Sikap Umum Komunitas Internasional

 

logo clock 20-10-2020, 14:19
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

3 Tips Hindari Kejenuhan Saat WFH

 

logo clock 20-10-2020, 13:31
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Upacara Pembukaan Beasiswa Pemimpin Muda ASEAN-China, Digelar

 

logo clock 20-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral