Baca dalam 3 menit

Orang China Makan Ini Untuk Makan Siang, Gak Mahal Amat Ternyata...

Waktu Publish : 28 Nov 2020, 06:22 WIB
SHARE ARTIKEL

Orang China Makan Ini Untuk Makan Siang - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Terdapat banyak pilihan makan siang di Tiongkok jika kamu ingin makan seperti orang lokal: nasi, mie, pangsit, pancake, dan hotpot. Waktu makan siang di Tiongkok dimulai dari siang hari hingga pukul 1 siang jika kamu bekerja di kantor atau sekolah. Namun, makan siang bisa berlangsung dari sekitar tengah hari sampai jam 2 siang jika itu akhir pekan atau kamu keluar dengan tamu. Berikut adalah 10 makanan teratas di Tiongkok untuk makan siang!

1. Gaifan

Gaifan (盖饭) atau nasi tertutup adalah makanan untuk satu orang yang terdiri dari seporsi besar nasi dan satu porsi hidangan daging atau sayuran pilihan kamu. Harganya sekitar 10 yuan (sekitar Rp21 ribu) ke atas di kota-kota besar dan sedikit lebih murah di kota-kota kecil.

Gaifan - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

2. Mie

Seluruh orang Tiongkok pasti pernah memakan mie untuk makan siang. Terdapat berbagai jenis mie di seluruh negeri yang disebabkan perbedaan metode penyajian, geografi, serta variasi bahan. Di Utara, orang cenderung makan mie gandum, sedangkan orang Selatan umumnya makan mie beras. Mie yang populer adalah mi daging sapi atau mi tarik tangan Lanzhou (兰州拉面). Harga semangkuk bisa berkisar antara 10-25 yuan (sekitar Rp21-53 ribu), tergantung kamu memilih restoran besar atau kios kecil.

Mie Lanzhou - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

3. Bakpao dan Pangsit Kukus

Baozi (包子) dan jiaozi (饺子) adalah roti isi kukus dan pangsit kukus yang populer di Tiongkok. Harganya murah dan mungkin ini adalah makan siang tercepat yang bisa kamu dapatkan. Penyajian pangsit terbaik adalah dengan menyajikannya ketika baru saja selesai dikukus. Kamu bisa mengenalinya dari kukusan pangsit yang terbuat dari bambu. Kamu hanya perlu membayar maksimal 7–8 yuan (sekitar Rp15-17 ribu) yang biasanya berisi sekitar 9–12 pangsit di dalamnya.

Bakpao dan Pangsit Kukus - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

4. Malatang

Malatang (麻辣烫) atau sup pedas panas adalah makanan siang populer bagi orang-orang yang suka makan makanan pedas. Malatang biasanya berisi sayuran, daging seperti sosis kecil atau bakso, mie, dan tahu dalam berbagai bentuk dan ukuran. Semua bahan direbus dalam kaldu panas lalu disajikan dengan satu porsi saus wijen dan cabai. Harga satu porsi sekitar 20-30 yuan (sekitar Rp43-64 ribu) tergantung pada apa yang kamu pilih.

Malatang - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

5. Jianbing

Jianbing (煎饼) adalah pancake yang terbuat dari adonan telur dan kacang hijau yang dilipat dengan saus pedas, daun bawang, dan selembar adonan renyah. Biasanya, Jianbing dimasak di atas piring panas di atas gerobak. Kamu bisa menemukan gerobak yang menjualnya di sekitar stasiun kereta bawah tanah. Jika kamu memilih untuk memasukkan sosis atau tambahan lainnya, kamu mungkin harus membayar sedikit lebih. Hidangan tradisional Utara ini merupakan salah satu makanan top Beijing, harganya hanya sekitar 6 yuan atau sekitar Rp13 ribu.

Jianbing - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

6. Roujiamo

Roujiamo (肉夹馍) adalah sejenis burger yang sering dimakan bersama sup atau mie saat makan siang. Burger ini berisi daging domba atau babi, tergantung di mana kamu mendapatkannya, karena Tiongkok memiliki beberapa wilayah yang mayoritas Muslim. Misalnya di kawasan Muslim Xi'an, kamu akan menemukan burger berisi daging domba. Namun, di wilayah Shaanxi kamu bisa menemukan burger berisi daging babi.

Roujiamo - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

7. Makan Bersama

Jika keluar bersama teman atau tamu, kamu bisa memesan banyak hidangan untuk makan siang bersama. Setiap orang mendapatkan semangkuk nasi dan dapat berbagi hidangan dengan orang lain. Restoran seperti ini biasanya sering dikunjungi tamu yang mengadakan acara-acara khusus. Kisaran harga juga sangat bervariasi tergantung pada restorannya.

Makan Bersama - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

8. Makanan Kantin

Banyak kantor di Tiongkok yang memiliki kantin seperti di sekolah. Setiap orang dapat memesan makanan yang diletakkan di atas nampan baja. Biasanya menu yang tersedia seperti nasi, pancake, atau roti. Ini adalah makan siang tercepat bagi pekerja kantoran, yang biasanya mereka sebut sebagai makanan cepat saji. Makanan ini juga bisa dipesan untuk dibawa pulang. Kamu hanya perlu membayar sekitar 10-20 yuan (sekitar Rp21-43 ribu), tergantung apa yang kamu pilih di menu prasmanan ini.

Makanan Kantin - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

9. Shouzhuabing

Pancake genggam shouzhuabing (手抓饼) ini berasal dari Taiwan yang memiliki kemiripan dengan jianbing pada umumnya. Pancake favorit Beijing ini baik untuk dibawa bepergian. Makanan ini tidak akan membuatmu membayar lebih dari 15 yuan (sekitar Rp32 ribu), kecuali kamu ditipu.

Shouzhuabing - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

10. Hotpot

Hotpot (火锅) dapat dimakan untuk makan siang atau makan malam. Hotpot merupakan bagian penting dari budaya makan Tiongkok, terutama di provinsi Tiongkok yang memiliki musim dingin panjang. Makanan ini juga cocok untuk vegetarian karena kamu bisa memilih sendiri apa yang akan kamu makan di hotpot. Harga makanan ini sedikit lebih mahal daripada makanan lainnya, yaitu di atas 50 yuan (sekitar Rp107 ribu) per orang. Akan tetapi, setiap yuannya sangat berharga untuk memakan makanan ini. (*)

Hotpot - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Terkait

news

Tiongkok Bantah Virus Baru dari Kebocoran Laboratoriumnya

  • Visco Joostensz
  • 18 Jun 2021

news

Rusia Pertimbangkan untuk Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa de...

  • Nurul Diah
  • 18 Jun 2021

culture

SEJARAH : Tahun 1997 Kota Chongqing Resmi Sebagai Kotamadya

  • Visco Joostensz
  • 18 Jun 2021

news

China dan Rusia Rilis Roadmap Proyek Stasiun Penelitian Bula...

  • Esy Gracia
  • 18 Jun 2021

lifestyle

Basket Putra China Kalahkan Jepang di Piala Asia

  • Esy Gracia
  • 17 Jun 2021

news

52 Perusahaan Bersama-sama Bentuk Komunitas Aksi Pembangunan...

  • Nurul Diah
  • 17 Jun 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong