Baca dalam 3 menit

BUMN China Tergetkan Profit Diatas Output Ekonomi Nasional

Waktu Publish : 24 Feb 2021, 10:56 WIB
SHARE ARTIKEL




alur produksi CRRC Tangshan Co., Ltd., di Tangshan, Provinsi Hebei, Tiongkok utara- Image from Xinhua

Bolong.id - Regulator aset negara Tiongkok telah menetapkan target untuk badan usaha milik negara (BUMN) yang dikelola secara terpusat di negara itu tahun ini. Target itu termasuk mencapai tingkat pertumbuhan laba di atas output ekonomi nasional.

Hao Peng, kepala State-owned Assets Supervision and Administration Commission (SASAC), mengatakan tahun ini akan ada lebih banyak investasi dalam penelitian dan pengembangan oleh BUMN serta efisiensi produksi dan margin pendapatan yang lebih tinggi, sambil menjaga kewajiban aset terkendali.

“BUMN dan BUMD kami yang dikelola secara terpusat diawasi oleh sistem milik negara sedang mempersiapkan Five-Year Plan (FYP) ke-14. Kami akan menunggu FYP ekonomi nasional ke-14, yang dijadwalkan akan disahkan selama dua sesi mendatang, berdasarkan di mana, indikator pertumbuhan terkait kami akan dikonfirmasi lebih lanjut, " kata Hao dilansir dari People Daily, Rabu (24/2/2021).

Dengan latar belakang pandemi virus korona, penurunan ekonomi global, dan tindakan keras AS yang berkelanjutan, BUMN yang dikelola secara terpusat di Tiongkok mengalami kenaikan laba bersih 2,1 persen menjadi 1,4 triliun yuan ($ 215,89 miliar) pada tahun 2020, dengan pejabat dan ahli memberikan pengakuan atas peran utama mereka dalam Perang Tiongkok melawan virus dan sebagai andalan dalam pertumbuhan ekonomi .

“Laju pertumbuhan ini memang tidak tinggi, tapi tidak mudah didapat. Semua orang tahu bahwa tahun lalu dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti dampak pandemi COVID-19 yang parah, fluktuasi harga minyak mentah dan komoditas lainnya, dan stagnasi transportasi udara internasional, laba perusahaan sentral pada kuartal pertama tahun 2020 tumbuh negatif 58,8 persen,” kata Hao.

Selain itu, meski ada masalah tahun lalu, BUMN sentral tetap menjaga garis bawah tanpa risiko besar. Di penghujung tahun 2020, rasio aset-liabilitas BUMN pusat turun menjadi 64,5 persen, berhasil memenuhi tujuan pengurangan dua persen dalam tiga tahun.

"Sejak 2017, belum ada satu pun obligasi gagal bayar di BUMN yang dikelola secara terpusat, kata Hao.

Namun, serangkaian gagal bayar obligasi oleh BUMN lokal sejak tahun lalu telah menimbulkan kekhawatiran.

Selain itu, gagalnya obligasi BUMN lokal disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal seperti pandemi COVID-19, maupun masalah internal seperti tata kelola yang tidak memadai.

“Meskipun rasio default obligasi BUMN baru-baru ini meningkat, namun masih lebih rendah dari rata-rata pasar, dan risiko gagal bayar umumnya dapat dikontrol,” kata Peng Huagang, juru bicara SASAC.

Ia menambahkan bahwa pengawas akan bersama-sama membentuk prediksi risiko obligasi BUMN dan mekanisme peringatan dini dengan Bank Rakyat Tiongkok dan Komisi Pengaturan Sekuritas Tiongkok.

Upaya harus ditingkatkan untuk melaksanakan rencana tiga tahun reformasi BUMN dan memastikan bahwa lebih dari 70 persen misi reformasi selesai tahun ini, menurut Hao.

Otoritas pusat menganggap periode 2020-2022 sebagai "tahap penting" untuk reformasi BUMN. Tujuan utamanya antara lain menjadikan perekonomian milik negara lebih kompetitif, inovatif dan tahan terhadap risiko.

Jumlah BUMN pusat dengan kepemilikan campuran mencapai lebih dari 70 persen, terutama di bidang-bidang seperti penerbangan sipil, telekomunikasi, perminyakan, dan militer. Sekarang perusahaan yang terdaftar telah menjadi pembawa utama untuk reformasi kepemilikan campuran, kata Hao.

Tiongkok mengoptimalkan distribusi dan struktur modal negara selama periode FYP ke-13 dengan 24 BUMN yang dikendalikan secara terpusat di 12 grup menyelesaikan reorganisasi mereka, kata Peng. Jumlah BUMN yang dikendalikan secara terpusat disesuaikan dari 106 menjadi 97, data dari SASAC menunjukkan. (*)



Terkait

news

Stafsus Jokowi Dini Shanti Purwono Jadi Komisaris PGN

  • Lupita
  • 04 May 2021

business

China Tantang Erick Tohir Bawa Indonesia Masuk Global Fortun...

  • Visco Joostensz
  • 03 Apr 2021

news

Erick Thohir Berhentikan Dua Direksi PT Kereta Api Indonesia

  • Lupita
  • 27 Jan 2021

news

Anies Kembali Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 8 Februari, Ber...

  • Lupita
  • 26 Jan 2021

Technology

Indonesia akan Jadi Produsen Kendaraan Listrik di Pasar Inte...

  • Lupita
  • 04 Jan 2021

news

Menteri BUMN Larang Swasta Impor Vaksin COVID-19

  • Lupita
  • 04 Dec 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong