Baca dalam 3 menit

Ini Dia Rencana China Untuk Bangun Sistem Pasar Standar Tinggi

Waktu Publish : 01 Feb 2021, 12:18 WIB
SHARE ARTIKEL

China - Image from bisnis.com

Bejing, Bolong.id - Tiongkok pada hari Minggu (31/1) mengumumkan rencana aksi untuk memandu pembangunan sistem pasar berstandar tinggi dalam lima tahun ke depan.

Rencana aksi, yang diluncurkan oleh Kantor Umum Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan Kantor Umum Dewan Negara, mengatakan bahwa selama lima tahun ke depan, negara bertujuan untuk membangun sistem pasar berstandar tinggi yang bersatu, terbuka, kompetitif, dan sementara itu, dengan regulasi lengkap dan tata kelola yang baik.

Negara akan mengkonsolidasikan institusi dasar pasar dengan meningkatkan perlindungan hak milik secara komprehensif, menerapkan sistem daftar negatif untuk akses pasar dan membuat kemajuan dalam persaingan yang sehat.

Tindakan harus diambil untuk memperbaiki hukum dan peraturan tentang perlindungan yang sama atas hak milik, meningkatkan sistem perlindungan yudisial untuk penegakan hak milik dan memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Tiongkok juga akan mengadopsi daftar negatif nasional, memperluas uji coba akses pasar, serta memperkuat dan meningkatkan penegakan hukum tentang anti-monopoli dan anti-persaingan tidak sehat, menurut rencana tersebut.

Untuk mendorong alokasi faktor-faktor yang efisien, rencana tersebut mengikrarkan upaya untuk mendorong aliran sumber daya tenaga kerja yang teratur, perkembangan pasar modal yang sehat, serta pengembangan pengetahuan, teknologi, dan data.

Lebih banyak upaya juga akan dilakukan untuk memberikan peran penuh pada peran menentukan pasar dalam alokasi sumber daya dan untuk membiarkan pemerintah memainkan perannya dengan lebih baik, sehingga memperlancar sirkulasi pasar domestik dan meningkatkan efisiensi pasar, katanya. Dilansir dari Chinadaily pada Senin (01/2/2021).

"Sistem pasar berstandar tinggi akan memastikan persaingan yang adil dan alokasi yang efektif dari semua jenis sumber daya melalui pasar, dan selanjutnya akan mempromosikan pembangunan ekonomi berkualitas tinggi bangsa," Jiang Xiaojuan, kepala Sekolah Kebijakan dan Manajemen Publik di Universitas Tsinghua, mengatakan dalam sebuah catatan.

Jiang mengatakan bahwa sistem pasar berstandar tinggi memiliki arti penting terutama ketika pandemi COVID-19 telah membawa tantangan baru bagi perkembangan pasar.

Wang Yiming, wakil ketua Pusat Pertukaran Ekonomi Internasional Tiongkok, mengatakan reformasi pasar yang mendalam, termasuk sistem pasar berstandar tinggi, akan membantu memperbaiki hubungan yang lemah dalam pembangunan ekonomi dan menyuntikkan momentum pertumbuhan baru.

Misalnya, mempercepat reformasi yang berhubungan dengan hak milik, seperti yang ditunjukkan dalam rencana tersebut, akan membantu memberikan insentif yang lebih kuat kepada peneliti untuk inovasi, kata Wang.

Khususnya, rencana aksi yang baru diluncurkan menyoroti peran memperluas keterbukaan industri jasa, termasuk keuangan, perawatan kesehatan dan pendidikan.

Tiongkok untuk pertama kalinya mengusulkan untuk membangun sistem pasar berstandar tinggi, yang bersatu dan terbuka dengan persaingan yang tertib, lembaga pasar yang sehat serta tata kelola, dalam waktu sekitar lima tahun, kata seorang pejabat di Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional. (*)

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Banner Kanan
Logo follow bolong