Baca dalam 3 menit

Tidak Sakit, Namun Tubuh Terasa Tidak Nyaman? Mungkin ini Sebabnya!

SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Tubuh Tidak Nyaman - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Setelah berlama-lama di rumah, banyak orang merasa tubuh mereka tidak nyaman. Ini tandanya, berarti tubuh Anda sudah dalam kondisi yang kurang sehat. Bisa jadi sebabnya karena barang-barang di rumah.

Ternyata, barang-barang di rumah juga perlu diganti secara teratur. Sebab kalau tidak, bakteri berbahaya akan tumbuh di atasnya, yang akan berdampak pada kesehatan kita. Inilah daftar barang di rumah yang harus diganti secara teratur, dilansir dari Sina NewsSenin (31/8/20).

1. Karpet

Karpet perlu dibersihkan dan diganti secara teratur. Pasalnya, karpet sangat mudah menjadi tempat berkembang biak bakteri, tungau, jamur, dll.

Jika bakteri dan kotoran pada karpet terhirup, maka akan membuat hidung tak nyaman, mata gatal, bahkan menyebabkan penyakit kulit.

2. Wastafel dan Toilet

Setelah wastafel dan kloset digunakan dalam waktu yang lama, tentu akan ada lingkaran berwarna kuning dan hijau di sampingnya, sebenarnya itu adalah jamur.

Jika tidak segera dibersihkan, dan udara dari jamur ini masuk ke dalam tubuh, maka dapat menyebabkan sakit tenggorokan, batuk, gatal-gatal, pilek, dll. Hal ini berbahaya pada wanita, karena sangat rentan terhadap masalah ginekologi.

Cara membersihkannya mudah sekali. Cukup dengan mencucinya dengan air sabun atau pemutih untuk mencuci.

3. Seprai

Seprai adalah barang di rumah yang bersentuhan dengan kita setiap harinya, sehingga pemilihan bahan seprai sangat penting. 

Orang tidur setiap hari dan bersentuhan dengan seprai setiap hari, sehingga pemilihan sprei juga sangat penting.  Jangan coba memilih seprai berbahan serat sintetis!

Lembaran serat sintetis sering kali mengandung amida (nilon) dan polipropilen (propilen), yang dapat mengiritasi saluran pernapasan, mengiritasi kulit, dan menyebabkan gatal pada hidung.

Seprai yang paling baik terbuat dari kapas murni atau rajutan, dengan kandungan serat sintetis yang lebih sedikit.

4. Penyegar Udara

Penyegar udara memang melembabkan ruangan di rumah. Namun faktanya, tak semua cairan penyegar udara itu sehat lho!

Cairan penyegar udara yang mengandung fenol ternyata tak baik untuk tubuh. Jika menghirup zat ini dalam jangka panjang, dapat menyebabkan mual, pusing, gatal, dan ketidaknyamanan lainnya.  Bahkan seiring berjalannya waktu, dapat mengganggu sistem pernapasan.

5. Tirai

Diperkirakan banyak orang yang tidak pernah membersihkan tirai di rumah.

Tirai memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan. Pasalnya, tirai yang baru dibeli sering kali mengandung formaldehida. Jika digunakan tanpa dicuci atau dikeringkan, kandungan formaldehida-nya akan meningkat dan menyebar ke seluruh ruangan.

Tak hanya tirai baru, tirai lama pun demikian. Bedanya, hanya di kandungannya saja. Jika tirai baru mengandung formaldehida, tirai lama mengandung banyak debu. Debu di tirai yang sudah digunakan, akan mempengaruhi kesehatan kulit dan pernapasan.

Jadi, pastikan untuk mencuci dan mengganti barang-barang di rumah secara teratur, ya! (*)


Terkait

health

Tidak Sakit, Namun Tubuh Terasa Tidak Nyaman? Mungkin ini Se...

  • Della Shafira Putri
  • 31 Aug 2020
Logo follow bolong