Baca dalam 3 menit

Makin Ricuhnya Kontroversi Politisi AS Anti-Tiongkok Atas Lokasi Film Mulan

Waktu Publish : 14 Sep 2020, 06:33 WIB
SHARE ARTIKEL

Liu Yifei (刘亦菲) Berperan Sebagai Mulan - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id - Kontroversi baru-baru ini mengenai pembuatan film Disney live action Mulan, di Daerah Otonomi Xinjiang Uygur dan ucapan terima kasihnya kepada departemen keamanan dan publisitas di Xinjiang yang telah menawarkan bantuan untuk pembuatan film tak berakhir di sini.

Jumat (11/3/20), sekelompok bipartisan anggota parlemen AS meminta CEO Walt Disney Co Bob Chapek untuk menjelaskan kontak perusahaan dengan Xinjiang selama produksi film tersebut, dilaporkan dari Global Times, Minggu (13/9/20).

Menurut laporan, anggota parlemen ini termasuk senator radikal anti-Tiongkok, Marco Rubio dan Tom Cotton yang selalu berada di garis depan anti-Tiongkok.

Perlu dicatat, promosi Mulan di AS tidak mulus sejak awal. Politisi AS mungkin tidak menyukai Mulan karena filmnya sarat dengan unsur Tiongkok. Dengan mentalitas yang terpisah dengan Tiongkok secara ekonomi dan budaya, mereka hanya tidak ingin penonton Amerika terpapar pada apapun yang berhubungan dengan Tiongkok.

Ketika politisi AS terus mempolitisasi Mulan, mereka terus ‘mengipasi’ api sentimen anti-Tiongkok di AS, terutama tentang Xinjiang.



Terkait

culture

Film Mulan Akhirnya Rilis Online Bulan Depan

  • Della Shafira Putri
  • 06 Aug 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong