Baca dalam 5 menit

China Yakinkan Warga, Instalasi Nuklir Aman

Waktu Publish : 18 Nov 2021, 07:44 WIB
Sumber : 环球网
SHARE ARTIKEL

Semakin Dekatnya Proyek Pemanasan Nuklir Dengan Pemukiman, Adakah Risiko Polusi Nuklir dan Kebocoran Nuklir ? - Image from 百度

Shandong, Bolong.id - Energi tenaga nuklir sudah digunakan di Tiongkok. Lokasinya di Kota Haiyang, Provinsi Shandonghttps://bolong.id/lp/1021/tornado-ganas-amuk-desa-di-shandong. Itulah listrik tenaga nuklir pertama di sana.

Dilansir dalam 环球网 pada (17/11/2021) Yu Bing, wakil direktur Administrasi Energi Tiongkok, menyatakan di Beijing bahwa pemanasan nuklir harus menjadi pilihan baru untuk membangun sistem pemanas yang bersih (nol karbon), efisien, dan beragam di wilayah utara.

Selain di Haiyang, pembangkit listrik tenaga nuklir juga di Qinshan dan Hongyanhe juga sedang direnovasi.

Proyek nuklir, dekat dengan opini publik, karena pemanasan nuklir telah memperpendek jarak antara energi nuklir dan publik. Namun terpenting, untuk memastikan bahwa informasi yang relevan terbuka dan transparan.

Wu Fang, ketua SPIC Shandong Nuclear Power, menjelaskan bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir terhubung langsung ke jaringan listrik, dan kemudian jaringan listrik ditransmisikan ke ribuan rumah tangga. Jadi hanya dari sisi pembangkit listrik, energi nuklir tidak langsung terhubung ke publik.

Namun radius jaringan pemanas dari jaringan air pemanas nuklir relatif kecil, dan masyarakat sekitar dapat langsung merasakan manfaatnya. Sehingga proyek pemanfaatan energi nuklir komprehensif ini memiliki hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir tentang risiko polusi nuklir dan kebocoran nuklir sama sekali," kata Wu Fang. Pada analisis akhir, pemanasan nuklir dan pemanas PLTU sama-sama menggunakan panas buangan dari PLTU, hanya ada pertukaran panas antara sisi pemanas dan tidak ada media transmisi lain.

Ia juga mengatakan bahwa telah membuat interpretasi spesifik dari proses pemanasan nuklir: terutama mengekstraksi uap dari sirkuit sekunder unit tenaga nuklir sebagai sumber panas, dan melakukan pertukaran panas multi-tahap melalui stasiun pertukaran panas pertama di pabrik dan stasiun pertukaran panas di perusahaan pemasok panas di luar pabrik, dan akhirnya melalui pipa pemanas kota. Net mentransfer panas ke pengguna akhir.

"Dalam keseluruhan proses, hanya dua langkah air pemanas uap dan air pemanas yang terjadi." Beberapa sirkuit untuk isolasi antara pembangkit listrik tenaga nuklir dan pengguna pemanas; hanya ada perpindahan panas antara setiap sirkuit, tidak ada pertukaran air, dan tidak ada kemungkinan radioaktivitas memasuki pipa pemanas pengguna; air panas hanya disirkulasikan dalam lingkaran tertutup di dalamnya terisolasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir, "tidak ada kontak, sangat aman."

Dilihat dari praktik pemanasan nuklir yang ada di dalam dan luar negeri, keamanan dan keandalan pemanasan nuklir juga telah terbukti. Menurut Wu Fang, Tenaga Nuklir SPIC Shandong mengandalkan Tenaga Nuklir Haiyang untuk mempromosikan energi nuklir sesuai dengan "Tidak ada kenaikan harga pemanas perumahan, tidak ada peningkatan beban keuangan pemerintah, tidak ada kerusakan pada kepentingan perusahaan tenaga pemanas, kontribusi dari operasi bisnis tenaga nuklir, dan peningkatan besar dalam manfaat ekologi dan lingkungan."

Sejak pemanasan, semua indikator telah memenuhi persyaratan: setiap musim pemanasan adalah sekitar 100.000 ton batu bara mentah, mengurangi 180.000 ton karbon dioksida, 691 ton asap dan debu, 1.123 ton nitrogen oksida, dan 1.188 ton belerang dioksida; pada saat yang sama, biaya pemanasan perumahan Haiyang per bangunan persegi Meteran diturunkan satu yuan (Rp 2.232) dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya; dan setelah tahap kedua proyek percontohan dioperasikan, efisiensi termal unit tenaga nuklir juga akan meningkat dari 36,69% menjadi 39,94%.

Situasi saling menguntungkan antara masyarakat lokal, pemerintah daerah, perusahaan listrik pemanas, perusahaan tenaga nuklir, dan perlindungan ekologi dan lingkungan telah terwujud.

Akibatnya, proyek percontohan ini juga memainkan perannya dalam demonstrasi, dilaporkan bahwa proyek tersebut telah menarik perhatian yang antusias dari industri dalam negeri, dan perusahaan tenaga nuklir telah secara aktif menindaklanjutinya.

Luan Jian, direktur Biro Energi Shandong, mengungkapkan bahwa Provinsi Shandong akan fokus pada pembangunan basis tenaga nuklir puluhan juta kilowatt di Semenanjung Jiaodong selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 dan di masa depan, dan secara bersamaan mempromosikan komprehensif pemanfaatan energi nuklir dan pemanas, dan berusaha untuk memasang kapasitas yang beroperasi pada tahun 2030.

Dengan skala lebih dari 13 juta kilowatt, semua area yang memenuhi syarat di Semenanjung Jiaodong akan mewujudkan pemanasan nuklir. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong