Baca dalam 3 menit

Dubes Xiao Qian dan Mendag RI Muhammad Lutfi Bahas Kerjasama

Waktu Publish : 02 Nov 2021, 09:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Dubes Xiao Qian melakukan Pertemuan dengan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi - Image from mmbiz.qpic.cn

Jakarta, Bolong.id - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian dan Menteri Perdagangan (Mendag) Indonesia, Muhammad Lutfi, membahas kerjasama Indonesia - Tiongkok, Jumat (29/10/2021).

Dilansir dari 平安印尼行 pada (2/11/2021) Duta Besar Xiao (肖千大使) mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kedua negara telah menyelaraskan strategi pembangunan dan mempromosikan kerjasama di berbagai bidang.

Perkembangan hubungan bilateral Indonesia – Tiongkok telah memasuki jalur cepat. Sejak awal tahun ini, perdagangan bilateral Tiongkok-Indonesia telah dapat mengatasi dampak pandemi covid-19 dan mencapai pertumbuhan yang substansial.

Perdagangan Indonesia dengan Tiongkok telah kembali surplus, dan struktur perdagangan menjadi lebih sehat dan seimbang. Diyakini bahwa dengan upaya bersama kedua belah pihak, volume perdagangan bilateral diperkirakan akan melebihi 100 miliar dolar AS (Rp 1.426 Triliun) pada akhir tahun ini dan ini menjadi rekor tertinggi.

Tiongkok dengan tegas mendukung status ASEAN sebagai pusat dan bersedia bekerja sama dengan semua pihak termasuk Indonesia untuk mendorong RCEP berlaku sesuai jadwal pada 1 Januari tahun depan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi dunia usaha dan masyarakat di kawasan sesegera mungkin.

Dubes Xiao Qian melakukan Pertemuan dengan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi - Image from mmbiz.qpic.cn

Menteri Perdagangan Indonesia, Luthfi berbicara tentang pencapaian dalam pengembangan hubungan bilateral dan menghargai kontribusi Duta Besar Xiao (肖千大使) untuk memperdalam kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral.

“Tiongkok adalah salah satu mitra ekonomi dan perdagangan terpenting Indonesia. Perdagangan Indonesia dengan Tiongkok dapat mereproduksi surplus historisnya, dan stimulus investasi Tiongkok sangat diperlukan.

Sejak Pandemi, Tiongkok telah memasok Indonesia dengan pasokan vaksin COVID-19 dalam skala besar yang secara efektif menjamin vaksinasi nasional Indonesia dan memberikan dukungan yang kuat untuk pemulihan ekonomi.

“Saya sangat berterima kasih untuk ini. Indonesia secara aktif memajukan persetujuan domestik RCEP dan bersedia bekerja sama dengan Tiongkok untuk mempromosikan pemberlakuan awal perjanjian dan meningkatkan tingkat kerja sama ekonomi dan perdagangan regional.” Kata Xiao (*)

Terkait

news

Habis Masa Jabatan, Dubes Xiao Qian Lakukan Perpisahan denga...

  • Lupita
  • 25 Nov 2021

news

Dubes Xiao Qian Serahkan Bantuan kepada Warga di Jalur Keret...

  • Djono W. Oesman
  • 28 Oct 2021

news

Seminar Online 66 Tahun Konferensi Bandung dihadiri Dubes Xi...

  • Djono W. Oesman
  • 27 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong