Baca dalam 3 menit

Jangan Makan Kacang Berjamur, Bahaya

Waktu Publish : 25 Nov 2021, 10:08 WIB
Sumber : 人民网
SHARE ARTIKEL

Jangan Makan Kacang Berjamur! Ketahuilah Dampaknya - Image from 百度

Jakarta, Bolong.id - Kacang mudah berjamur. Biro Pengawasan Pasar Provinsi Guizhou, Tiongkok, memberi petunjuk. Jika ada serbuk lembut di permukaan kacang, itulah jamur. Jangan dimakan.

Dilansir dalam 人民网 pada (24/11/2021) kacang berjenis-jenis. Kenari, chestnut, aprikot, almond, pecan, pistachio, torreya, macadamia, kacang pinus.

Jamur membentuk miselium yang subur, terutama di tempat yang lembab, hangat, dan menumbuhkan beberapa bahan koloni yang berbulu, berflokulasi atau seperti jaring laba-laba.

Keluarga jamur sangat beragam, dan lebih dari 45.000 spesies telah ditemukan. Kebanyakan jamur tidak bersahabat dengan manusia, menyebabkan makanan menjadi rusak, menghasilkan racun.

Biro Pengawas Pasar Provinsi Guizhou mengingatkan bahwa meskipun bagian yang berjamur dihilangkan, makanan tidak dapat dimakan karena sel jamur tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Bintik-bintik jamur yang biasa kita lihat sebenarnya adalah koloni jamur yang dihasilkan setelah jamur berkembang biak, dan makanan yang berjamur. Seringkali ada jamur dan mikotoksin yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Oleh karena itu, begitu makanan menjadi berjamur, buanglah tepat waktu dan waspadalah terhadap keracunan makanan. Ini terutama berlaku untuk kacang.

Biro Pengawasan Pasar Provinsi Guizhou menunjukkan bahwa menurut Standar Keamanan Pangan Nasional Kacang dan Makanan Biji-bijian (GB19300-2014), jamur pada kacang matang dan makanan biji-bijian yang diproses dengan proses pemanggangan tidak boleh melebihi 25CFU/g.

Jika jamur kacang terdeteksi melebihi batas standar, itu bisa berarti nilai ediblenya berkurang atau bahkan tidak bisa dimakan.

Biro Pengawasan Pasar Provinsi Guizhou mengingatkan bahwa untuk mencegah bahaya kontaminasi jamur kacang, perlu untuk membeli dengan hati-hati. Pilih tempat terbaik, beli produk yang diproduksi oleh perusahaan ternama, dan hindari membeli makanan kadaluarsa.

Cobalah untuk membeli kacang dalam paket tertutup dan membelinya sesuai kebutuhan. Saat membeli kacang, perhatikan bentuk kacang, dan pilih kacang dengan buah penuh, partikel seragam, tidak ada bercak jamur, dan tidak ada jejak serangga.

Selain itu, simpan dengan benar dan jangan makan kacang berjamur. Yang terbaik adalah beli sekarang dan konsumsi kacang sesegera mungkin setelah membukanya. Jika tidak bisa menghabiskannya, simpan di tempat yang sejuk dan kering.(*)

Terkait

lifestyle

City Of The Week: 4 Makanan Khas dari Kota Weifang

  • Djono W. Oesman
  • 25 Nov 2021

health

Meski Bergizi, Konsumsi Kacang Pinus Berlebihan Ternyata Tid...

  • Esy Gracia
  • 19 Sep 2021

health

Beberapa Jenis Minyak Goreng yang Sehat untuk Dikonsumsi

  • Visco Joostensz
  • 16 Sep 2021

health

Kenari Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

  • Djono W. Oesman
  • 15 Sep 2021

health

Manfaat Makan Kacang Kenari, Bisa Bantu Kurangi Kadar Kolest...

  • Lupita
  • 12 Sep 2021

health

Mau Diet Agar Kurus tapi Takut Lapar, Ini Solusinya

  • Djono W. Oesman
  • 27 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong