Baca dalam 5 menit

Benarkah Banyak Makan Wortel akan Memberikan kita Penglihatan Malam?

Waktu Publish : 23 Sep 2021, 11:00 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Wortel - Image from internet

Bolong.id - Menurut artikel How It Works Daily wortel kaya akan - Karoten, yang dapat diubah menjadi pigmen yang disebut rhodopsin di retina, membantu mata melihat dalam keadaan gelap.

Orang yang kekurangan vitamin A sering mengalami rabun senja. Sulit bagi mereka untuk melihat di malam hari. Tapi bagi orang sehat, makan wortel, makanan lain yang kaya vitamin A atau suplemen memiliki efek yang sedikit pada penglihatan malam.

Jadi, dari mana datangnya klaim bahwa wortel meningkatkan penglihatan malam? Sangat menarik bahwa rumor tersebut tidak dibuat oleh perusahaan penjualan suplemen karoten, tetapi oleh pemerintah Inggris.

Dilansir dari Sohu Health pada Rabu (22/9/2021) Selama perang antara Inggris dan Jerman dalam Perang Dunia Kedua, Departemen Informasi Inggris meluncurkan operasi "penipuan strategis" skala besar.

Saat itu, Royal Air Force menembak jatuh sejumlah besar pesawat Jerman dalam pertempuran malam. Militer mengklaim bahwa wortel meningkatkan kemampuan penglihatan malam pilot dan merupakan senjata rahasia dalam pertempuran udara malam.

Seorang pilot ace juga menekankan dalam wawancara bahwa dia sangat menyukai wortel. Pada saat itu, resep, iklan, film, dan radio Inggris merekomendasikan wortel dalam skala besar, mengatakan bahwa wortel tidak hanya membuat angkatan udara lebih kuat, tetapi juga membantu penduduk secara efektif mengendalikan malam di masa perang.

Poster Perang Dunia Kedua - Image from sohu

Faktanya, Inggris telah mengembangkan sistem radar yang dapat secara akurat menemukan posisi pesawat Jerman dari jarak jauh, yang merupakan alasan sebenarnya untuk kemenangan pertempuran udara.

Apa yang disebut fungsi penglihatan malam yang ditingkatkan wortel hanyalah perilaku "penipuan strategis" untuk departemen intelijen Jerman. Dikatakan juga bahwa itu hanya untuk menyelesaikan masalah distribusi pangan dalam negeri. Jerman tidak tahu apakah mereka sungguh-sungguh atau tidak. Sejak itu, wortel yang awalnya digunakan untuk memberi makan hewan di Barat telah menjadi salah satu hidangan utama.

Menurut situs web feel good contact, wortel tidak akan mengubah mata manusia menjadi "mata burung hantu", tetapi wortel kaya akan berbagai vitamin dan mineral, yang dapat membawa banyak manfaat kesehatan.

Baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dan lutein dalam wortel dapat menjaga kesehatan mata, mencegah miopia dan mengurangi risiko kehilangan penglihatan tepi akibat degenerasi makula terkait usia.

Baik untuk kesehatan kulit. - Karoten memiliki efek antioksidan, yang dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat. Ini juga membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berlebihan, radiasi dan sengatan matahari. Tentu saja, makan wortel bukanlah pengganti tabir surya atau kacamata hitam.

Meningkatkan kekebalan. Wortel kaya akan vitamin A, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantunya berfungsi secara normal.

Mempromosikan pencernaan. Wortel kaya akan serat makanan, yang membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat, menyeimbangkan kadar glukosa darah, memberikan rasa kenyang dan mengontrol berat badan.

Tentu saja, Anda tidak bisa makan apapun secara berlebihan. Makan terlalu banyak wortel akan memiliki serangkaian efek pada kesehatan Anda.

Yang paling umum adalah perubahan warna kulit, yaitu karotenemia. Kulit telapak tangan dan telapak kaki menunjukkan ciri khas berwarna kuning. Wortel kaya akan serat makanan, yang dapat membantu pencernaan, tetapi jika Anda makan terlalu banyak dan minum terlalu sedikit air, itu dapat menyebabkan tinja longgar atau sembelit.

Selain itu, kandungan lemak wortel sangat rendah, dan tubuh manusia perlu menyerap Karoten dan vitamin A melalui lemak . Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan melalui wortel, Anda harus memastikan asupan yang seimbang.

Secara umum, wortel tidak meningkatkan fungsi penglihatan pada malam hari, tetapi nutrisi di dalamnya memang bermanfaat untuk kesehatan mata. Di bawah kondisi diet seimbang, mereka lebih kondusif untuk kesehatan secara keseluruhan.

Terkait

health

Manfaat 3 Bahan Makanan Ini Menyehatkan

  • Djono W. Oesman
  • 23 Aug 2021

health

Wortel yang Kaya Akan Manfaat, Dapat Meningkatkan Kekebalan ...

  • Lupita
  • 16 May 2021

health

4 Hal yang Jarang Orang Ketahui Tentang Wortel

  • Lupita
  • 16 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong