Baca dalam 3 menit

Pertama di China, Klinik Transgender di Shanghai

Waktu Publish : 09 Nov 2021, 09:30 WIB
Sumber : Sixth Tone
SHARE ARTIKEL

LGBT di Tiongkok - Image from Getty Images

Shanghai, Bolong.id - Rumah Sakit Anak Universitas Fudan di Shanghai, Tiongkok, kini melayani anak dan remaja yang cenderung transgender. Ini mengejutkan, dan hal baru di sana.

Dilansir dari Sixth Tone pada Senin (8/11/2021), Rumah Sakit tersebut mengumumkan minggu lalu, bahwa mereka telah membuka klinik yang melayani anak-anak dan remaja transgender, yang bertujuan untuk "mengurangi emosi negatif" di antara mereka dan "meningkatkan hubungan keluarga mereka" melalui penilaian multidisiplin, diagnosis, dan intervensi.

Klinik rumah sakit ini akan menjadi yang pertama menawarkan layanan ini di Tiongkok.

“Ini benar-benar pertanda baik,” kata Xin Ying, direktur Pusat LGBT Beijing, yang telah terlibat dalam advokasi hak-hak transgender selama bertahun-tahun, kepada Sixth Tone.

Dia menambahkan langkah rumah sakit ini sejalan dengan pembaruan ICD 2019 dari Organisasi Kesehatan Dunia, sebuah dokumen yang membantu mendiagnosis dan memantau masalah kesehatan secara global.

Pedoman “mendefinisikan ulang kesehatan terkait identitas gender," dengan ketidaksesuaian gender dipindahkan dari bagian "gangguan mental dan perilaku" ke "kondisi yang berkaitan dengan kesehatan seksual."

Namun, di Tiongkok, individu transgender diwajibkan untuk memberikan “sertifikat penyakit mental untuk disforia gender” sebelum menggunakan hormon atau menjalani operasi penggantian kelamin.

Diperkirakan ada 4 juta orang transgender di Tiongkok, tetapi komunitas tersebut sebagian besar tidak terlihat dan didiskriminasi karena kognisi gender yang kaku dan pembatasan kebijakan saat ini. Menurut laporan tahun 2017 tentang komunitas transgender Tiongkok, 61,5% orang transgender menderita depresi dan hampir setengahnya memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri.

Banyak transgender juga mengatakan bahwa mereka mengalami diskriminasi di sekolah dan tempat kerja, dengan beberapa mengambil tindakan hukum terhadap prasangka tersebut.

Pada tahun 2019, pengadilan di provinsi Zhejiang timur menjadi salah satu yang pertama menerima dugaan kasus diskriminasi transgender pekerjaan, meskipun putusannya belum diumumkan.

“Sangat penting untuk memiliki klinik transgender yang ditargetkan untuk anak-anak dan remaja karena banyak orang transgender mengembangkan kesadaran gender di masa kanak-kanak,” kata Xin, menambahkan bahwa sebelum klinik Shanghai, beberapa rumah sakit di kota dan Beijing telah menyediakan layanan medis progresif serupa untuk masyarakat transgender.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong