Spesies Tokek Baru Ditemukan di China

26 January 2024, 19:24 WIB

Spesies Tokek Baru Ditemukan di China-Image-1
Ilustrasi hewan tokek

Beijing, Bolong.id - Peneliti Tiongkok telah menemukan spesies tokek baru. Mereka memberi nama Gekko kaiyai, di Pegunungan Dabie di Provinsi Anhui, Tiongkok timur.

Dilansir dari 人民网 Kamis (25/01/24), penemuan ini dilakukan bersama oleh para peneliti dari Universitas Anhui, Universitas Normal Nanjing dan Institut Biologi Chengdu dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, dan diterbitkan dalam jurnal Animals.

Spesies baru ini diidentifikasi berdasarkan ciri morfologi dan bukti molekulernya yang berbeda. Analisis yang didasarkan pada tiga fragmen DNA mitokondria menunjukkan bahwa Gekko kaiyai membentuk clade independen.

Pada tahun 2022 dan 2023, tokek yang dikumpulkan di Pegunungan Dabie sempat menarik minat peneliti karena perilaku agresifnya.

“Saat mengumpulkan tokek ini, banyak dari tim peneliti yang digigit berulang kali oleh mereka, yang menurut kami cukup menarik, karena perilaku ini tidak umum terjadi pada spesies asli yang diketahui,” kata Zhang Caiwen, penulis pertama artikel yang diterbitkan di Animals.

Penemuan spesies ini menegaskan bahwa kini terdapat 87 spesies yang teridentifikasi dalam genus Gekko -- 22 di antaranya dapat ditemukan di Tiongkok.

Terletak di persimpangan provinsi Anhui, Hubei dan Henan, Pegunungan Dabie memiliki iklim monsun kontinental subtropis yang lembab dan lingkungan yang beragam, yang menyediakan habitat yang menguntungkan bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan. (*)