Pasir dan Angin Dipelajari Ilmuwan di Gurun Taklimakan

31 August 2023, 09:25 WIB

Pasir dan Angin Dipelajari Ilmuwan di Gurun Taklimakan-Image-1
Ilustrasi pencarian

Beijing, Bolong.id - Di gurun terluas di Tiongkok, Gurun Taklimakan, Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, berdiri sebuah stasiun penelitian. Stasiun ini dikelilingi pasir bagai tak berujung.

Dilansir dari 人民网 Rabu (30/08/23), itu adalah stasiun penelitian lapangan penting di Tiongkok yang menembus jauh ke pedalaman gurun.

Para ilmuwan pergi ke sana untuk melakukan berbagai macam penelitian eksperimental di bidang ilmu angin dan pasir, serta ekologi kesulitan tanaman.

Menjadi kecokelatan setelah bertahun-tahun bekerja di stasiun penelitian, Gao Xin, seorang peneliti di Institut Ekologi dan Geografi Xinjiang (XIEG) di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS), bertanggung jawab atas sebuah proyek yang berfokus pada pelaksanaan survei dan penilaian risiko kekeringan. dan bahaya pasir di DAS Tarim.

Timnya telah menggunakan alat pengeboran lingkungan yang besar untuk mengebor di bawah tanah yang tertutup pasir untuk mengumpulkan sampel inti batuan sedimen.

Lapisan demi lapisan, sampel inti ini menunjukkan kepada para peneliti peristiwa lingkungan apa yang telah terjadi di Gurun Taklimakan selama berbagai periode geologi dalam sejarah.

Para ilmuwan percaya bahwa metode penelitian yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dapat memberikan catatan paling langsung mengenai evolusi gurun.

“Kami berada di tengah Gurun Taklimakan, dan inti di sini paling mewakili gurun tersebut. Dengan alat pengeboran kami, kami mencabut strata pipa demi pipa, untuk merekonstruksi proses pembentukan Taklimakan selama jutaan tahun,” kata Wang Xin, seorang peneliti di Universitas Lanzhou.

“Gurun Taklimakan mempunyai dampak besar terhadap iklim, dan belum diketahui secara pasti bagaimana lingkungan iklimnya berevolusi,” tambahnya.

Bagi Wang, gurun ini menyimpan banyak rahasia. Apakah kering atau basah selama pemanasan global? Perubahan apa saja yang terjadi pada zaman es? Bagaimana pengaruhnya terhadap iklim? Ia berharap bisa menemukan petunjuk melalui penelitian ini.

Dipimpin oleh XIEG, proyek ini juga melibatkan peneliti dari berbagai lembaga lain termasuk Universitas Lanzhou, Institut Ilmu Geografis dan Penelitian Sumber Daya Alam CAS, dan Institut Meteorologi Gurun Urumqi di bawah Administrasi Meteorologi Tiongkok.

Melalui penelitian pendahuluan, para ilmuwan menemukan bahwa daratan di tengah Gurun Taklimakan tidak selalu panas terik, dan dulunya terdapat sungai dan oasis di kawasan tersebut.

Melalui penyelidikan mendalam terhadap pembentukan dan evolusi Gurun Taklimakan, kita dapat memahami secara mendalam pembentukan dan evolusi gurun besar yang didorong oleh perubahan global dan pengangkatan dataran tinggi, kata Gao.

“Penelitian kami juga dapat memberikan dasar pengambilan keputusan ilmiah bagi kawasan ini untuk mengatasi perubahan iklim dan menyusun rencana pembangunan hijau,” tambahnya.

Menurut XIEG, proyek ini juga merupakan bagian dari ekspedisi ilmiah komprehensif ketiga di Xinjiang. Ekspedisi ilmiah yang sedang berlangsung, yang diluncurkan pada tahun 2021 dan dijadwalkan berlangsung selama lima tahun, diharapkan dapat menguraikan peta jalan pembangunan ekologis dan pembangunan ramah lingkungan di Xinjiang selama 30 tahun ke depan.

"Pembangunan berkualitas tinggi di Xinjiang menghadapi banyak peluang dan tantangan. Hal ini harus didukung oleh data ilmiah untuk mengisi bidang-bidang yang sebelumnya kurang informasi.

Oleh karena itu, merupakan kebutuhan strategis untuk melakukan survei ilmiah yang komprehensif," kata Zhou Xiaobing. seorang peneliti di XIEG. (*)