Baca dalam 3 menit

China Sumbang Vaksin COVID-19 ke Pakistan, Jadikan Vaksin COVID-19 Barang Publik Global

Waktu Publish : 03 Feb 2021, 17:00 WIB
SHARE ARTIKEL


Pekerja di Beijing memuat vaksin yang akan dikirim ke Pakistan - Image from China Daily

Pakistan, Bolong.id - Pengiriman dosis vaksin COVID-19 sumbangan China ke Pakistan mendarat di Islamabad pada Senin (1/2). Ini adalah langkah China untuk mewujudkan komitmennya untuk menjadikan vaksin COVID-19 sebagai barang publik global.

"Kerja sama vaksin antara China dan Pakistan menunjukkan tidak hanya bantuan timbal balik kami sebagai mitra strategis segala cuaca, tetapi juga upaya bersama kami sebagai dua negara berkembang untuk menjadikan vaksin sebagai barang publik global dan mempromosikan aksesibilitas dan keterjangkauannya di sesama negara berkembang," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Wang Wenbin, pada Senin (1/2). Dilansir dari China Daily pada Selasa (02/02/2021).

Pakistan adalah negara pertama yang menerima vaksin COVID-19 yang disumbangkan oleh pemerintah China, tetapi Wang mengatakan bahwa China juga memberikan bantuan vaksin ke 13 negara berkembang lainnya, termasuk Brunei, Sri Lanka, Palestina, dan Zimbabwe.

Wang mengatakan bahwa pada tahap selanjutnya, China akan terus memberikan bantuan tersebut kepada 38 negara berkembang lainnya yang membutuhkan. Ia juga berpartisipasi dalam program vaksin COVID-19 global yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia, COVAX, untuk menyediakan vaksin ke lebih banyak negara berkembang.

Berbicara pada pembukaan sesi ke-73 Majelis Kesehatan Dunia melalui tautan video pada bulan Mei, Presiden Xi Jinping mengumumkan bahwa pengembangan dan distribusi vaksin COVID-19 di China, jika tersedia, akan menjadi barang publik global.

"Ini yang kami katakan, dan ini juga yang kami lakukan," kata Wang, mencatat bahwa menangani virus membutuhkan upaya bersama dari komunitas internasional.

“Kami berharap semua pihak melakukan tindakan nyata untuk memberikan lebih banyak vaksin kepada negara berkembang dan berkontribusi pada pemerataan penggunaan dan distribusi vaksin secara global sehingga kita dapat memberantas virus ini sejak dini,” ujarnya.

Pada upacara penyerahan di Pangkalan Udara Noor Khan pada hari Senin (1/2), Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada rakyat dan pemerintah China yang telah membantu Pakistan pada saat dibutuhkan dan menjadikan Pakistan negara pertama yang menerima vaksin COVID-19. disumbangkan oleh pemerintah Cina.

China terus menunjukkan dukungan untuk Pakistan sejak pandemi dimulai, termasuk mengirim tim medis. Sekarang, menyumbangkan vaksin adalah bukti lain dari persahabatan tradisional antara kedua negara, katanya.

Semakin banyak negara, termasuk Indonesia, Turki, dan Brasil, telah memberikan suara kepercayaan di China dengan memesan atau menerima vaksin China atau memberikan lampu hijau untuk penggunaan darurat mereka (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Lupita/Penulis




Terkait

technology

Akankah Tiongkok Bergantung Pada Pendidikan Online, Setelah ...

  • Nabila Caya
  • 03 Apr 2020

news

Memanfaatkan Anak Di Bawah Umur Untuk Aksi Kriminal, Hukuman...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 Apr 2020

news

Bikin Terharu, Inilah Perayaan Hari Ibu di Tiongkok

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

health

Berikut Ini adalah Tips Bermanfaat dari UNICEF: Makan Mudah,...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

news

Makin Maju, Tiongkok Punya Ratusan Juta Pengguna Internet di...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 May 2020

health

Akhirnya Sekolah Kembali Aktif, Psikolog Sarankan untuk Perh...

  • Nabila Caya
  • 16 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong