Baca dalam 3 menit

Jauhkan Paru-paru dari 5 Hal Ini, Lebih Sehat

Waktu Publish : 18 Jan 2021, 10:47 WIB
SHARE ARTIKEL

Paru-paru - Image from rsananda.com


Jakarta, Bolong.id - Paru-paru salah satu organ penting manusia. Dibandingkan dengan organ lain, paru-paru jauh lebih "berdecit", suka lembab dan benci kekeringan.

Dari perspektif pengobatan tradisional Tiongkok, "qi" adalah sumber kehidupan dan elemen dasar tubuh manusia.

Ada pepatah mengatakan bahwa “semua penyakit lahir dari qi”, kalimat ini terutama menekankan pada pentingnya “qi” dalam menjaga kehidupan dan kesehatan. Jadi jika Anda ingin meningkatkan qi Anda, pertama-tama Anda harus menjaga paru-paru Anda yang rapuh.

Dilansir dari Toutiao.com, berikut 5 hal yang ditakuti paru-paru.

1. Keringan dan panas

Jika suhu udara relatif tinggi, Anda akan merasa lebih kering dan panas. Selain panas tubuh, wajah Anda juga akan menjadi merah dan panas. Jika Anda merasa tidak dapat bernapas, ini mungkin “kekeringan”. Invasi tubuh biasanya disertai gejala batuk, yang sebagian besar disebabkan oleh kerusakan paru-paru.

2. Dingin

Pada musim dingin, suhu pada umumnya rendah, dan perbedaan suhu antara indoor dan outdoor relatif besar. Khusus masyarakat yang tinggal di utara harus lebih memperhatikan dingin dan hangat saat akan keluar. 

Jika tidak sengaja menghirup udara dingin akan menyebabkan batuk. Pilek kemungkinan besar akan keluar melalui mulut dan hidung. Mencapai paru-paru dan merusak paru-paru. Alveoli sangat sensitif terhadap udara dingin. Udara dingin di paru-paru akan memengaruhi pertukaran gas normal alveoli. Seiring waktu, berbagai ketidaknyamanan paru-paru dapat terjadi.

3. Knalpot

Dengan bertambahnya kendaraan, hal itu telah membawa kenyamanan besar bagi kehidupan, tetapi menyalakan mobil membutuhkan oli untuk menopang, dan pada saat yang sama sejumlah besar gas buang akan dihasilkan, mencemari udara.

Oleh karena itu, para lansia selalu mengatakan bahwa kualitas udara saat ini tidak lebih baik dari sebelumnya. Banyaknya knalpot mobil yang terhirup ke dalam tubuh, dan hal pertama yang mempengaruhi sistem pernafasan, terutama paru-paru.

4. Marah

Semua orang tahu bahwa marah menyakiti hati, tapi nyatanya juga melukai paru-paru. 

Ketika Anda marah dan kehilangan kesabaran, wajah Anda mungkin menjadi merah, dan dada Anda bahkan mungkin terasa sesak dan sakit. 

Hal ini dikarenakan ketika sedang marah alveoli selalu dalam keadaan mengembang dan tidak bisa istirahat, jika terus menerus memanjang maka secara alami paru-paru akan rusak.

5. Rokok

Asap hasil pembakaran rokok dapat menyebabkan kerusakan paru-paru seperti halnya knalpot mobil. Namun, rokok mengandung lebih banyak bahan berbahaya, tidak hanya satu atau dua. 

Jika Anda sering merokok, bahan berbahaya ini masuk ke saluran pernapasan, masuk ke aliran darah, masuk ke paru-paru, meningkatkan beban metabolisme di paru-paru dan hati, dan lama kelamaan kemungkinan besar akan tersumbat. 

Juga akan terjadi beberapa perubahan abnormal pada saluran pernafasan dan paru-paru, penurunan fungsi paru, dan berbagai penyakit paru.

Banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti olahraga teratur dan makan makanan yang bergizi.

Selain itu, memperhatikan latihan kekuatan bagian tubuh atas. Jika Anda melakukan sedikit latihan fisik, lengan Anda akan terasa sakit keesokan harinya. Lakukan beberapa latihan tubuh bagian  atas dengan cara yang ditargetkan untuk membantu meningkatkan qi paru-paru, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan fungsi paru-paru, dan memperkuat kekuatan bagian anggota gerak atas. (*)

Terkait

news

Luhut : Indonesia akan Dibantu oleh Tiongkok Menangani Virus...

  • Bryant
  • 18 Mar 2020

health

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakarta Remeh...

  • Isfatu Fadhilatul
  • 19 Mar 2020

health

Penderita Ringan COVID 19 Tidak Akan Kenapa-napa

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

80% Pasien COVID-19 Belum Didiagnosis Sebelum Wuhan Lockdown...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Tidak Ada Pasien Baru COVID-19 di Guangxi, Namun Ada 34 Kasu...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Beberapa Tipe Orang Yang Harus Dikarantina

  • Edwin Adriaansz
  • 22 Mar 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong