Baca dalam 3 menit

5 Hidangan Asal China Ini Lezat dan Unik

Waktu Publish : 17 Feb 2021, 14:50 WIB
SHARE ARTIKEL

Stinky Tofu - Image from medium.com

Bolong.id - Orang China bangga akan makanannya yang beraneka ragam, dan masakan Tiongkok sering kali memiliki sejarah yang menarik. Artikel ini membahas lima makanan khas Tiongkok yang bisa Anda cicipi saat berwisata di Tiongkok.

Dilansir dari China Highlights, berikut lima hidangan paling unik di Tiongkok.

1. Beggar’s Chicken (叫花 鸡 Jiào huā jī)

Beggar's Chicken - Image from hungrygowhere.com

Jika Anda berencana untuk bepergian ke Hangzhou, Beggar's Chicken adalah hidangan yang sangat direkomendasikan. Ini adalah hidangan khas Provinsi Zhejiang Tiongkok Timur seperti Hangzhou, dengan aroma gurih dan daging ayam yang empuk. Ayam disajikan di atas daun teratai. Rasanya segar dan tidak terlalu berminyak.

Saat ini, Beggar's chicken banyak disajikan di restoran Hangzhou. Tempat terbaik untuk mencicipi Beggar's chicken adalah Louwailou Restaurant (楼外楼), dengan harga 168 yuan.

2. Nasi Bambu (竹筒饭 Zhútǒng fàn)

Nasi Bambu - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Nasi bambu biasanya terdiri dari nasi dan daging babi, yang dimasak di bagian bambu hijau segar sampai bambu itu hangus. Makanan ini enak dengan aroma bambu yang segar.

Nasi bambu bisa ditemukan di banyak tempat, terutama di mana ada minoritas Dai dan minoritas Yao. Oleh karena itu, Anda dapat mencicipinya saat bepergian ke Provinsi Yuannan (terutama Xishuangbanna), Guilin (terutama di desa minoritas Longsheng), Provinsi Guizhou (terutama di desa minoritas Kaili), dan Taiwan (daerah Pegunungan Ali).

3. Telur yang Diawetkan (皮蛋 Pídàn)

Pidan - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Abu-abu tua atau hitam mengkilap dengan pola kepingan salju, produk telur unik ini diciptakan oleh orang-orang Tionghoa pada Dinasti Ming (1368-1644). Selain rasanya yang unik, konon telur yang diawetkan bermanfaat untuk menyembuhkan suara serak dan menghilangkan efek alkohol.

Banyak restoran tradisional Tiongkok menyajikan hidangan yang dibuat dengan telur yang diawetkan. .

Jangan makan terlalu banyak telur yang diawetkan, terutama anak-anak, karena mungkin mengandung sedikit unsur kimia. Telur awet bebas unsur kimia bersertifikat juga telah tersedia.

4. Stinky Tofu (臭豆腐 Chòu dòufu)

Stinky tofu - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Stinky tofu, atau tahu yang diawetkan dengan bau menyengat, benar-benar berbau, dengan tampilan "jelek". Namun, begitu Anda mencobanya, Anda pasti menikmati rasanya. Stinky tofu paling populer berada di Changsha, dengan kulit yang renyah dan rasa yang segar dan pedas.

Stinky tofu Changsha paling terkenal di Tiongkok, diikuti oleh Nanjing dan Shaoxing. Produksi dan rasa stinky tofu di ketiga kota ini sangat berbeda, tetapi mereka memiliki kesamaan yaitu baunya tidak enak tetapi rasanya enak.

Stinky tofu telah menjadi camilan tradisional Tiongkok, dan mudah ditemukan di kota-kota yang paling sering dikunjungi seperti Beijing, Shanghai, Xi'an, Guilin, dan Hangzhou.

5. Lebah Goreng (油炸 蜂蛹 Yóu zhá fēng yǒng)

Serangga goreng - Image from internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Kepompong lebah kaya nutrisi (dengan protein tinggi dan rendah lemak), dan digunakan sebagai bahan untuk memasak di Zhangjiajie, Kota Kuno Fenghuang, Guizhou Tenggara, dan Provinsi Yunnan.

Cara makan pupa lebah yang paling umum adalah dengan menggorengnya. Ada banyak cara lain untuk memakan pupa lebah, seperti pupa lebah kukus, pupa lebah tumis, kue pupa lebah renyah, dan pupa lebah goreng dingin dengan saus.

Dibandingkan dengan kepompong lebah goreng, berikut ada juga hidangan yang tampak jauh lebih gila. Laba-laba, kumbang hitam, kelabang, kalajengking, dan belalang digoreng dan dimakan di Tiongkok, tetapi tidak umum. Anda mungkin menemukannya di daerah yang dihuni oleh kelompok etnis, dan jalan jajanan di beberapa kota wisata populer. (*)

Banner Kanan
Logo follow bolong