Baca dalam 3 menit

Kisah Pilu Fan Xiaoqin, si 'Jack Ma' Kecil dari Jiangxi

Waktu Publish : 27 Feb 2021, 13:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Fan Xiaoqin - Image from Global Times

Shijiazhuang, Bolong.id - Kisah hidup Fan Xiaoqin (12) asal Kabupaten Yongfeng, Provinsi Jiangxi Tiongkok Timur, adalah kisah pilu. Wajah bocah ini sangat mirip miliarder asal Tiongkok Jack Ma Yun. Ia juga sempat terkenal akibat kemiripan itu. Tapi kemudian berakhir pilu.

Fan Xiaoqin terlahir cacat. Ia didiagnosis sebagai penyandang cacat mental level-2. Demikian dikutip dari Global Times, Rabu (24/2/21).

Bocah itu kembali ke desa asalnya setelah empat tahun menjalani "kehidupan mewah" yang disponsori oleh sebuah perusahaan yang mencari keuntungan dari ketenaran 'mirip Jack Ma' yang tiba-tiba.

Di medsos kin, netizen mengungkapkan rasa kasihan mereka pada bocah berusia 12 tahun yang tidak dapat mengubah hidupnya yang miskin setelah ketenarannya di web yang hanya sebentar.

Seorang pejabat dari Federasi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Yongfeng, Provinsi Jiangxi Tiongkok Timur, mengatakan kepada media bahwa Fan dan kakak laki-lakinya sama-sama memiliki disabilitas mental. Dan, telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan sertifikat disabilitas.

Namun, karena keduanya telah melewati usia rehabilitasi, menurut kebijakan Tiongkok, Federasi Penyandang Cacat, mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat itu. Tapi, negara akan memberi Fan bersaudara subsidi perawatan bulanan dan tunjangan hidup bagi penyandang cacat, kata pejabat itu.

Berasal dari sebuah desa di Jiangxi, Fan, saat itu berusia 8 tahun, menjadi sorotan pada tahun 2016 karena wajahnya sangat mirip dengan pendiri Alibaba Group, Jack Ma.

Fan kemudian menerima undangan untuk syuting iklan, mempromosikan produk dan berakting dalam film, sementara rumahnya, yang hanya memiliki satu bola lampu, menjadi tempat "berada di sini". Dilansir dari Global Times pada Rabu (24/02/2021).

Fan dibawa ke kota besar Shijiazhuang, Hebei Tiongkok Utara oleh "bos" bernama Liu Changjiang pada tahun 2017. Liu berjanji mengirim Fan ke sekolah dan memberi keluarga sekitar 10.000 yuan (Rp143,2 juta) setahun. Liu juga memasang furnitur dan toilet untuk rumah Fan di desa.

Di Shijiazhuang, Fan berpakaian seperti "bos" kecil, muncul dalam program TV dan siaran langsung online. Dia tinggal di rumah yang dihias dengan baik dan dirawat oleh seorang pengasuh muda, menurut klip video yang membagikan kehidupan Fan yang masih tersedia secara online, ia juga didorong untuk sekolah.

Namun, Fan tampak kesusahan di sekolah. Dia bertanya-tanya di sekolah selama waktu kelas oleh penjaga sekolah dan bolos sejak Desember 2019.

Gaya hidup "mewahnya di Shijiazhuang berakhir awal tahun ini.

Bocah itu dipulangkan pada Januari 2021 dengan tas sekolah dan beberapa potong pakaian, yang merupakan miliknya dalam beberapa tahun terakhir, menurut laporan media. Wanita yang merawat Fan membawa anak laki-laki itu kembali ke desa asalnya.

Ayah Fan, yang kaki kanannya diamputasi beberapa tahun lalu karena kecelakaan, mengatakan kepada media bahwa dia berencana mengirim bocah itu untuk belajar di kelas empat sekolah dasar, tetapi bocah itu bahkan belum belajar menghitung.

Fan juga tinggi badannya tidak tumbuh selama empat tahun terakhir. Wanita yang merawat Fan, mengatakan kepada keluarga Fan, bahwa anak laki-laki tersebut memiliki dwarfisme.

Situasi terbaru Fan dan keluarganya beredar di media sosial dengan banyak yang mengungkapkan belas kasihan kepada anak laki-laki yang "ditinggalkan setelah nilai komersialnya dieksploitasi".

Ayah Fan mengatakan kepada China Youth Daily, bahwa Bos Liu telah berjanji akan membawa bocah itu ke Shijiazhuang dan membantunya masuk perguruan tinggi. Jika Fan gagal dalam ujian, dia dapat bekerja di perusahaan Liu. Kenyataan sekarang, seperti itu.

Beberapa berspekulasi bahwa Fan mungkin mengalami keterbelakangan mental dan situasi keluarga sedikit banyak membaik dengan sponsor Bos Liu. Ayah Fan tidak menerima banyak pendidikan dan hampir tidak dapat menghidupi keluarga.

Pesan moral dari kisah hidup nyata manusia ini, adalah: Sebagian besar orang berbaik hati kepada orang lain karena membutuhkan sesuatu. (*)

Terkait

news

Jack Ma Mundur dari Jabatan Presiden Sekolah Bisnis yang Ia ...

  • Esy Gracia
  • 26 May 2021

business

Jack Ma Hadiri Acara Kampus, Setelah Lama Menghilang

  • Lupita
  • 12 May 2021

business

Kronologi Kejatuhan Jack Ma

  • Djono W. Oesman
  • 30 Apr 2021

news

Saat Tiongkok Ancam Kerajaan Bisnis Jack Ma

  • Visco Joostensz
  • 29 Apr 2021

news

Jack Ma Dipaksa Lepas Ant Group, Masih Rumor

  • Lupita
  • 21 Apr 2021

news

Pemerintah China Selidik Perusahaan Patungan Alibaba

  • Djono W. Oesman
  • 21 Apr 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong