Baca dalam 3 menit

China Ajukan Pembentukan Koalisi Keamanan Penjaga Perdamaian PBB

Waktu Publish : 28 Apr 2021, 12:47 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

China Bentuk Koalisi Keamanan untuk Penjaga Perdamaian PBB - Image from Xinhua

New York, Bolong.id - Di bawah dorongan Tiongkok, Koalisi (Group of Friends) Keamanan Penjaga Perdamaian PBB dibentuk di Markas Besar PBB di New York pada Selasa (27/4) dengan Tiongkok, Brasil, Indonesia dan Rwanda sebagai ketua bersama.

Zhang Jun, Perwakilan Tetap Tiongkok untuk PBB, mengatakan pada upacara peluncuran bahwa pembentukan koalisi keamanan penjaga perdamaian bertujuan untuk membangun platform, memperkuat komunikasi informasi, meningkatkan koordinasi kebijakan, meningkatkan pembangunan kapasitas, lebih lanjut memastikan keselamatan penjaga perdamaian, dan mempromosikan kemajuan substansial dalam agenda keamanan penjaga perdamaian.

Operasi penjaga perdamaian PBB merupakan sarana penting untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, dan penjaga perdamaian telah menjadi aset berharga perdamaian internasional. Saat ini, wabah COVID-19 disuperposisi dengan ancaman di titik-titik regional, konflik etnis, terorisme, dan ancaman lainnya.

Sejak awal tahun ini, 49 penjaga perdamaian telah mengorbankan nyawa mereka demi perdamaian. Meningkatkan keselamatan pemelihara perdamaian merupakan proyek sistematis yang membutuhkan partisipasi semua pihak untuk membentuk upaya bersama.

Dilansir dari Xinhua pada Rabu (28/4/2021), lebih dari 150 undangan, termasuk Jean-Pierre Lacroix, Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Penjaga Perdamaian PBB, Gilles Michaud, Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Keamanan, dan perwakilan tetap, wakil perwakilan dan penasihat militer negara-negara terkait untuk PBB menghadiri pertemuan tersebut.

Anggota tim keamanan termasuk 49 negara dan organisas regional, termasuk Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Maroko, Afrika Selatan, Pakistan, India, Mesir, Ethiopia, dan Liga Arab. Mereka mencakup negara-negara penyumbang pasukan utama, pemberi dana dan tuan rumah operasi pemeliharaan perdamaian, yang mencerminkan berbagai macam inklusivitas dan keterwakilan.

Semua pihak sangat menghargai kepemimpinan Tiongkok dalam pembentukan koalisi, dan menyatakan bahwa sangat mendesak untuk memastikan keamanan para pemelihara perdamaian dan pembentukan tim tersebut pada waktu yang tepat. Perhatian Tiongkok terhadap keamanan penjaga perdamaian mencerminkan dukungan kuatnya untuk multilateralisme dan pekerjaan PBB.

Tiongkok adalah pembangun perdamaian dunia dan penyumbang operasi penjaga perdamaian, penyumbang penjaga perdamaian PBB terbesar kedua dan penyumbang penjaga perdamaian terbesar di antara anggota tetap Dewan Keamanan. Didorong oleh Tiongkok, Dewan Keamanan mengeluarkan resolusi pertama tentang keamanan penjaga perdamaian pada Maret tahun lalu. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Wakil China di PBB Desak Israel Hentikan Kekerasan di Palest...

  • Lupita
  • 11 May 2021

news

Tiongkok : Menjaga Multilateralisme Perserikatan Bangsa-Bang...

  • Visco Joostensz
  • 10 May 2021

news

China : Pertemuan Negara PBB Hanya Campuri Masalah Dalam Neg...

  • Lupita
  • 09 May 2021

news

Giliran China Resmi Menjadi Ketua Dewan Keamanan PBB

  • Visco Joostensz
  • 07 May 2021

news

Wang Shouwen : China Selalu Berkontribusi pada Pembangunan P...

  • Visco Joostensz
  • 07 May 2021

news

China Akan Jadi Presiden Bergilir DK PBB

  • Djono W. Oesman
  • 07 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong