Baca dalam 3 menit

Cerita Mahasiswa Indonesia Jalankan Ibadah Puasa dan Hari Raya Idul Fitri di China

Waktu Publish : 13 May 2021, 08:24 WIB
SHARE ARTIKEL

Mohamad Ilman Nafian- Image from Bolong.id

Bolong.id - Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa termasuk Tiongkok. Pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok Mohamad Ilman Nafian bercerita tentang suasana Ramadhan di negara itu.

Ini adalah tahun ketiga Ilman menjalankan puasa di Tiongkok. Pria asal Indramayu, Jawa Barat tersebut mengatakan bahwa di tahun pertama ia menjalankan puasa di Tiongkok sangat terasa berbeda dengan di Indonesia.

Itu dikarenakan di Negeri Tirai Bambu itu mayoritas bukanlah orang muslim, jadi Ilman menjalankan puasa seperti hari biasa. Untuk melaksanakan shalat tarawih menurutnya bisa dilakukan di masjid yang dimulai dari pukul 8 hingga 10 malam. Bisa juga dilakukan di kamar bersama teman-temannya.

Ia juga menjelaskan bahwa perayaan Idul Fitri umat muslim di Tiongkok berjalan dengan aman, karena adanya penjagaan ketat dari pemerintah. Sholat Ied Idul Fitri juga berlangsung dengan aman dan khusyuk yang dimulai dari pukul 7 hingga 10 pagi. Ilman juga memaparkan budaya orang Tiongkok yang sangat luar biasa saat sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri.

"Mereka akan mengundang kami mahasiswa asing untuk kerumahnya dan mengajak makan bersama," kata Ilman.

Selain itu ia juga melakukan silaturahmi dan mengobrol dengan orang muslim Tiongkok disana.

Ilman juga mengatakan bahwa adanya perbedaan karena pencegahan pandemi COVID-19 dengan membatasi jamaah masjid hanya sebanyak 300 orang saja. Ia juga berharap pandemi akan segera membaik di tahun selanjutnya dan dapat menjalankan Ramadhan dengan penuh sukacita. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Banner Kanan
Logo follow bolong