Baca dalam 3 menit

Ini Lho Efek Olahraga Terhadap Anti-Penuaan

Waktu Publish : 09 May 2021, 13:42 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi lansia berolahraga - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Olahraga erat kaitannya dengan kesehatan dan umur panjang. Untuk mencegah proses penuaan fisiologis, olahraga memegang peranan penting. Olahraga dapat mempertahankan dan meningkatkan fungsi normal sirkulasi, pernapasan, pencernaan, dan sistem saraf tubuh manusia.

Olahraga dapat meningkatkan fungsi sistem peredaran darah, meningkatkan rangsangan saraf parasimpatis, melemahkan rangsangan saraf simpatis, meningkatkan aliran darah arteri koroner, meningkatkan neuroregulasi aktivitas jantung, dan meningkatkan efisiensi kerja jantung.

Dilansir dari chinawenhua.com, olahraga dapat mempertahankan tingkat elastisitas tertentu di dinding arteri. Baik saat istirahat maupun saat bergerak, detak jantung akan lebih lambat dibandingkan orang yang tidak berolahraga, menjaga tekanan darah tetap konstan, dan mencegah hipertensi. Resiko penyakit arteri koroner di antara orang yang berolahraga hanya sepertiga dari mereka yang tidak berolahraga.

Ada juga data penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat mempengaruhi komposisi lemak darah, menurunkan konsentrasi kolesterol dalam darah, sehingga kadar lipoprotein densitas tinggi meningkat secara signifikan, dan kadar lipoprotein densitas rendah berkurang secara signifikan

Olahraga dapat meningkatkan aktivitas diafragma dan otot interkostal, dan meningkatkan aliran darah paru; lebih banyak alveoli yang terlibat dalam pertukaran gas, dan pengambilan oksigen meningkat.

Olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dari sistem pencernaan, meningkatkan sekresi kelenjar pencernaan, dan meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

Latihan otot perut memiliki efek pijatan yang baik pada saluran pencernaan, meningkatkan elastisitasnya; memperkuat gerakan peristaltik dan meningkatkan suplai darah. Itu juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal, mengurangi lemak tubuh, dan menunda penuaan berbagai organ di saluran pencernaan.

Olahraga jangka panjang akan memberikan efek yang baik pada bentuk dan fungsi otot, dapat mempertebal serat otot, meningkatkan kandungan berbagai nutrisi pada otot, menguraikan dan mensintesis gula, meningkatkan kapasitas protein, mencegah atrofi otot, dan membuat otot berkembang.

Menurut laporan penelitian yang relevan, lansia yang berlatih Taijiquan telah secara signifikan mengurangi jumlah pasien lansia dengan osteoporosis degeneratif.

Selain itu, olahraga memiliki efek stimulasi semu yang baik pada sistem saraf pusat, yang dapat meningkatkan fungsi kegembiraan, penghambatan, konduksi dan respons, menunda pembusukan sel-sel otak, dan meningkatkan aktivitas sistem kemih, sehingga limbah metabolisme lebih baik diekskresikan dan olahraga lebih efektif.

Selain itu, juga dapat meningkatkan fungsi endokrin, meningkatkan sekresi hormon korteks adrenal oleh kelenjar adrenal, dan membuat tubuh manusia lebih bertenaga. Oleh karena itu, olahraga adalah cara yang efektif untuk menunda penuaan dan meningkatkan kesehatan, serta umur panjang. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

health

3 Kebiasaan Baik Ini Perlu Diterapkan untuk Para Lansia

  • Lupita
  • 09 May 2021

business

Biro Statistik Nasional: Output Manufaktur China Melambat di...

  • Matsnaa
  • 15 Feb 2021

culture

Aktivitas Musim Dingin Top China yang Perlu Dicoba

  • Aisyah Hidayatullah
  • 28 Nov 2020

health

Kembali ke Sekolah, Kementerian Pendidikan Tiongkok Beri Sej...

  • Oki
  • 31 May 2020

business

Zhengzhou Bagikan Kupon Belanja Senilai 1 Triliun Untuk Meni...

  • Nabila Caya
  • 02 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong