Baca dalam 3 menit

4 Cara Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 15:33 WIB
SHARE ARTIKEL


Punya Tubuh Ideal dengan Lifestyle Sport, Hidup Sehat dengan Badan Bugar :  Okezone LifestyleTubuh sehat - Image from OkeZone.com

Bolong.id - Imunitas tubuh ibarat “benteng pertahanan” yang perlu tetap kuat dan terjaga, jika ingin terhindar dari ancaman penyakit. Terlebih lagi saat ini pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda akan usai dan kita sudah harus beradaptasi melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap memerhatikan kesehatan. Selain menerapkan protokol pencegahan, penting juga untuk meningkatkan imunitas tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh? Kuncinya ada pada penerapan gaya hidup sehat. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, hingga mengonsumsi suplemen tambahan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, seperti vitamin C. Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut hingga tuntas, ya!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Tugas pertama untuk meningkatkan kekebalan adalah dengan minum lebih banyak air matang, yang dapat menjaga selaput lendir di rongga hidung dan rongga mulut tetap lembab; minum lebih banyak air juga dapat membuat orang merasa segar dan penuh vitalitas.

Air adalah sumber kehidupan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa air matang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Air mudah diserap oleh tubuh kita, meningkatkan aktivitas laktat dehidrogenase di berbagai organ tubuh, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit. Bangun di pagi hari dan minum segelas air dingin lebih baik untuk tubuh Anda.

2. Cukup Tidur

Tidur berkualitas tinggi dapat mendorong tubuh manusia untuk menghasilkan lebih banyak faktor tidur, yang dapat meningkatkan sel darah putih, dan pada saat yang sama memperkuat kemampuan detoksifikasi hati, sehingga dapat menghilangkan bakteri dan virus yang menyerang tubuh manusia. Oleh karena itu, tidur yang berkualitas dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Beberapa ahli menunjukkan bahwa untuk mempertahankan tidur yang baik, suhu yang sesuai sangat penting, dan suhu dalam ruangan rata-rata harus diubah sesuai dengan musim dan untuk menciptakan lingkungan tidur yang baik, ruangan harus berventilasi. Ventilasi ruangan yang penuh di siang hari dapat menyegarkan udara, dan ventilasi yang baik di malam hari akan membantu Anda menghirup udara segar saat tidur.

3. Sering Minum Teh

Sering minum teh. Ilmuwan Amerika menerbitkan penemuan kuantitatif: zat kimia yang disebut tanin dalam teh dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sebanyak 5 kali. Tanin juga dapat memobilisasi sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri dan jamur. Dianjurkan untuk minum teh hijau dan teh hitam di musim gugur.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Banyak orang takut terbakar sinar matahari, penyamakan dapat mempengaruhi penampilan mereka, dan mereka juga takut sinar ultraviolet akan menyebabkan kerusakan besar pada tubuh manusia. Tetapi paparan sinar matahari dalam jumlah yang tepat setiap hari dapat membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan kekebalan manusia. Berjemur di bawah sinar matahari pada pukul delapan atau sembilan pagi dan sekitar pukul empat sore adalah yang paling nyaman.

Tanda-tanda kekebalan tubuh melemah

1. Sering lelah

2. Pilek terus-menerus

3. Luka rentan terhadap infeksi

4. Perut kembung

5. Rentan terhadap serangan infeksi

Makanan apa yang dapat meningkatkan kekebalan?

1. Pisang

2. Bayam

3. Ikan laut

5. Susu rendah lemak


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Pakar: Tiongkok Akan Capai Herd Immunity di Awal Tahun 2022

  • Lupita
  • 24 Mar 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong