Baca dalam 3 menit

China Minta Anggota G20 Tingkatkan Kemitraan

Waktu Publish : 30 Jun 2021, 07:54 WIB
Sumber : 新华网
SHARE ARTIKEL

Wang Yi - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, Selasa (29/6/21) meminta anggota Kelompok 20 (G20) untuk mempromosikan semangat kemitraan.

Dilansir dari Xinhuanet.com ( 新华网 ) pada Selasa (29/06/21), pernyataan tersebut disampaikan Wang saat menghadiri konferensi para menteri luar negeri G20 melalui tautan video di Beijing.

Memperhatikan bahwa situasi epidemi global masih parah, dan pemulihan ekonomi jelas berbeda setiap negara, Wang mengatakan anggota G20 harus kerjasama dalam perjuangan melawan pandemi.

Perlu untuk mempercepat implementasi hasil KTT Kesehatan Global, memperkuat kerja sama dalam vaksin, diagnosis dan pengobatan, pencegahan dan pengendalian bersama, dan memberikan lebih banyak dukungan kepada negara-negara berkembang, tambah Wang.

Dia mengatakan Tiongkok sejauh ini telah menyediakan lebih dari 450 juta dosis vaksin ke hampir 100 negara, menyerukan negara-negara dengan kemampuan untuk menolak pembatasan ekspor atau kelebihan stok dan memberikan kontribusi untuk menghilangkan kesenjangan imunisasi.

Wang meminta anggota G20 untuk menjunjung tinggi multilateralisme dan berkontribusi pada stabilitas tatanan internasional.

Dia mengatakan anggota G20 harus memimpin dalam mempraktikkan multilateralisme sejati dan secara tegas menjaga sistem global dengan PBB sebagai inti dan tatanan internasional berdasarkan hukum internasional.

Mereka juga harus mematuhi keterbukaan dan inklusivitas, bertujuan untuk kerjasama yang saling menguntungkan, dan menentang zero-sum game.

"Kita harus bertahan dalam keterbukaan dan integrasi untuk memberikan dorongan bagi pemulihan ekonomi dunia," kata Wang.

Dia menambahkan bahwa anggota G20 harus mengadopsi kebijakan ekonomi makro yang bertanggung jawab untuk menghindari dampak negatif dari tindakan mereka sendiri dan memastikan operasi yang stabil dari sistem ekonomi dan keuangan internasional.

Wang meminta anggota G20 untuk teguh membangun ekonomi dunia terbuka dan secara aktif menjaga keamanan dan stabilitas rantai industri dan rantai pasokan global.

Dia juga mendesak G20 untuk mencegah fragmentasi pasar internasional dan mempolitisasi mekanisme kerja sama. Mereka harus terus memajukan reformasi struktural untuk mencapai pemulihan yang berkualitas tinggi dan tangguh, katanya.

Tiongkok dan negara-negara Afrika bersama-sama meluncurkan "Inisiatif Kemitraan untuk Pembangunan Afrika" dan menyambut lebih banyak negara dan organisasi internasional untuk bergabung, kata Wang. (*)

Terkait

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

technology

Robot Multitasking Asal China, Bisa Buat Kopi Hingga Bersih-...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

POTRET : Situs Makam Ming Xiaoling Peninggalan Dinasti Ming

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Hindari Bingung Acar China, Kimchi Korea Berganti Nama Begin...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Karya Sastra China versi Online Digemari Warga Dunia

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

Bank Indonesia Resmi Kerja Sama Dagang Pakai Rupiah dan Yuan

  • Lupita
  • 24 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong