Baca dalam 3 menit

Pria Asal China Ini Melestarikan Pembuatan Karpet Jiaya Khas Tibet

Waktu Publish : 09 Jun 2021, 12:05 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Yang Yongliang, pewaris keterampilan membuat karpet Tibet - Image from Xinhua

Xining, Bolong.id - Pada Sabtu (5/6), Yang Yongliang sedang membuat karpet Tibet di Desa Jiaya, Kota Shangxinzhuang, Kabupaten Huangzhong, Kota Xining.

Yang Yongliang mempelajari keterampilan ini sejak kecil - Image from Xinhua/Zhang Long

Dilansir dari Xinhua pada Selasa (8/6/2021), karpet Jiaya Tibet memiliki sejarah lebih dari seratus tahun. Yang Yongliang, 59 tahun, adalah pewaris keterampilan menenun karpet Jiaya Tibet, sebuah proyek warisan budaya takbenda nasional. Dia belajar keterampilan menenun karpet Tibet dari ayahnya sejak dia masih kecil, memotong, mengampelas, memelintir, mengikat, meratakan.

Yang Yongliang sedang membuat karpet - Image from Xinhua/Zhang Long

Karpet Jiaya Tibet terbuat dari wol yang diproduksi di daerah pegunungan. Setelah dilakukan pewarnaan dengan tanaman dan metode tenun yang unik, kapret akan memiliki warna yang cerah dan tidak akan pudar, dengan tekstur yang kuat dan elastis.

"Budaya tradisional bangsa tidak dapat dibuang. Sekarang saya juga mengajarkan keterampilan ini kepada pekerja di pabrik, sehingga keterampilan menenun karpet Tibet dapat diturunkan kepada mereka, dan berharap keterampilan ini dapat diwariskan turun temurun," kata Yang.

Yang Yongliang sedang menyortir karpet Jiaya Tibet - Image from Xinhua/Zhang Long


Informasi Seputar Tiongkok

Banner Kanan
Logo follow bolong