Baca dalam 3 menit

Inilah 3 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Waktu Publish : 07 Jul 2021, 08:54 WIB
SHARE ARTIKEL

Kencur - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Jakarta, Bolong.id – Di Indonesia itu sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya kencur, ini adalah rempah yang sangat populer di Indonesia. Bahkan sudah sejak jaman dahulu dan turun temurun rempah ini sudah digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional para leluhur.

Dilansir dari berbagai sumber, Sampai sekarang pun masih banyak juga orang yang mengonsumsi rempah ini dalam bentuk jamu, dan memang ada banyak sekali manfaatnya. Kali ini kami akan informasikan apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari rempah yang sudah sangat populer ini.

Kandungan dalam Kencur

Sebelum kita masuk ke bagian manfaat dari rempah ini, mari kita pelajari lebih dahulu apa saja kandungan yang ada di rempah ini. Karena sebenarnya dengan mengetahui kandungannya secara jelas, maka kita pun akan bisa mendapatkan informasi manfaatnya.

Kandungan yang ada pada rempah ini sangat lengkap, mulai dari serat, protein, beberapa mineral dan juga kandungan vitamin. Sehingga memang sangat wajar kalau orang biasa menggunakannya sebagai sebuah obat tradisional, karena banyak kandungan baik.

“Selain itu, kencur termasuk jenis umbi herbal seperti jahe dan temulawak sehingga memiliki kandungan alkaloid dan antioksidan yang tinggi untuk menjaga kesehatan sel dan daya tahan tubuh. Antioksidan dan alkaloid biasanya berfungsi dengan cara memberi kekuatan pada dinding sel tubuh agar tidak mudah rusak oleh radikal bebas. Dengan begitu, tubuh dapat lebih cepat memperbaikinya.” tambah Kelvin Halim, S.Gz., tim nutrisionis Jovee.

Manfaat Kencur

Kalau kita melihat dari kandungannya tentu kita tahu manfaat dan juga khasiat dari rempah ini sebenarnya apa saja dan untuk apa saja. Namun mungkin tidak begitu banyak orang yang menyadari mengenai manfaat yang baik dari rempah ini bila dikonsumsi secara rutin. Banyak juga sebenarnya produk herbal dan bahkan produk sehari-hari itu menggunakan campuran rempah ini untuk memaksimalkan khasiatnya. Berikut ini beberapa kegunaan dan juga manfaat yang bisa didapatkan dari rempah tersebut.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yang paling pertama yang bisa kita dapatkan adalah dengan menurunkan tekanan darah dengan cukup efektif. Memang sudah dari jaman dulu ya orang itu mempergunakan rempah ini sebagai penurun tekanan darah yang alami dan sehat. Penggunaan rempah ini pun bisa digunakan untuk memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, sehingga baik untuk penderita hipertensi. Sehingga konsumsi rutin itu sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah Anda supaya tidak terlalu tinggi.

2. Meredakan Nyeri

Kencur juga biasanya digunakan untuk meredakan nyeri ataupun juga peradangan yang terjadi dalam tubuh kita. Dengan menggunakan rempah ini, maka kita sedikit bisa mengurangi rasa nyeri yang ada pada tubuh kita. Ini karena kandungan dari rempah ini salah satunya adalah anti peradangan dan juga anti nyeri, jadi sudah pasti efektif. Jadi ya bisa kalian pakai saat nyeri sakit kepala, sakit gigi atau radang sendi.

3. Menangkal Radikal Bebas Dan Mencegah Kanker

Selain itu rempah ini pun bisa dipakai untuk menangkal radikal bebas yang tentunya juga akan bisa dipakai untuk mencegah terjadinya kanker. Ini karena ada kandungan antioksidan yang cukup tinggi dari rempah ini, sehingga bisa dipakai untuk mencegah terjadinya kanker. Jadi konsumsi secara rutin itu memang baik.

Penggunaannya

Kencur memang memiliki banyak khasiat, akan tetapi tentu harus diperhatikan beberapa hal sebelum kalian menggunakan rempah tersebut. Harus tahu dulu kandungannya dan juga efek samping bila berbarengan dengan obat lainnya yang kalian konsumsi saat sedang sakit. Jadi lebih baik kalian konsultasi dulu ke dokter bila ingin mengonsumsi secara rutin rempah ini, supaya lebih aman. Kalian bisa merebusnya atau mencampurnya menjadi jamu. (*)

Terkait

lifestyle

Pameran Seni di Shanghai Ini Ekspresi Kesehatan Mental

  • Lupita
  • 04 Aug 2021

health

Kopi Bisa Membuat Ketagihan?

  • Lupita
  • 01 Aug 2021

health

Bubur Lima Merah Khas China, Hidangan yang Enak dan Kaya Man...

  • Lupita
  • 31 Jul 2021

health

Perhatikan Makanan Pasca Musibah Banjir

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

news

Bandara Guangzhou Baiyun Peringkat I Keamanan COVID-19

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

health

Anggapan Minum Susu Sebelum Tidur Bahaya, Benarkah?

  • Djono W. Oesman
  • 26 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3