Baca dalam 3 menit

Wang Yi : Selain Sumber COVID-19, Sumber Virus Politik Juga Harus Lacak

Waktu Publish : 26 Jul 2021, 14:59 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Menlu Tiongkok, Wang Yi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Chengdu, Bolong.id - Pada Minggu (25/7), Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan bahwa misi pelacakan asal-usul virus corona sangatlah penting. Ia juga mengatakan perlunya melacak sumber virus politik.

Dilansir dari China News pada Minggu (25/07/2021), Wang Yi mengatakan bahwa keterlacakan virus adalah masalah ilmiah yang serius. Para ilmuwan harus diizinkan untuk mempelajari sumber virus COVID-19 dengan jelas, untuk mencegah risiko di masa depan dengan lebih baik.

"Semua menteri luar negeri yang saya temui sepakat bahwa ketertelusuran tidak boleh dimanipulasi oleh politik, bukan untuk menyalahkan negara tertentu, apalagi memecah belah masyarakat internasional. Hanya ketika kita bersatu, kita dapat benar-benar mengalahkan virus," kata Wang Yi menjawab pertanyaan salah seorang wartawan di Chengdu, Sichuan.

Wang Yi mengatakan, bagaimanapun, kita dapat melihat bahwa dari seruan terang-terangan tahun lalu tentang 'virus Wuhan' hingga penarikannya secara terang-terangan dari WHO, Amerika Serikat telah mencoba mempolitisasi situasi pandemi, menstigmatisasi virus, dan bahkan mengabaikan kerja keras para ilmuwan dan menggunakan sarana intelijen untuk melacak sumbernya dan menghebohkan teori kebocoran laboratorium Wuhan.

Menurutnya, tujuan pihak AS sangat jelas, yaitu untuk mengalihkan tanggung jawabnya atas tindakan anti-pandemi yang lemah, sehingga mencapai tujuan politik untuk mendiskreditkan dan menekan negara lain.

Wang Yi menunjukkan bahwa sumber virus COVID-19 harus dilacak, dan sumber virus politik juga harus dilacak. Beberapa hari yang lalu, Sekretariat WHO mengajukan rencana penelusuran tahap kedua untuk didiskusikan oleh negara-negara anggota, yang mengejutkan para ilmuwan, tidak hanya menyimpang dari persyaratan resolusi KTT Kesehatan Dunia ke-73, tetapi juga mengabaikan kesimpulan dan rekomendasi dari laporan penelitian bersama tahap pertama.

Ia juga mengatakan tampaknya ketika Amerika Serikat kembali ke WHO, pikirannya tidak terfokus untuk bergabung dengan perjuangan internasional melawan pandemi, tetapi untuk menyebarkan berbagai virus politik. Rencana kerja apa pun, jika bukan rencana untuk menemukan virus, tetapi rencana untuk mendiskreditkan Tiongkok, Tiongkok tidak akan dan tidak dapat menerimanya.

Tidak hanya Tiongkok, tetapi hampir 60 negara sejauh ini telah mengirim surat kepada WHO, menyetujui hasil penelitian ketertelusuran tahap pertama dan menentang politisasi penelusuran asal COVID-19, kata Wang. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Begini Bahasan Wang Yi Dialog dengan Luhut Panjaitan

  • Visco Joostensz
  • 15 Oct 2021

news

Pembangunan Komunitas China-ASEAN Diserukan untuk Masa Depan...

  • Lupita
  • 10 Oct 2021

lifestyle

Inilah C-Drama yang Dimainkan Wang Yibo

  • Djono W. Oesman
  • 30 Sep 2021

news

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 27 Septembe...

  • Lupita
  • 29 Sep 2021

news

Wang Yi Bicara Terkait Kasus Meng Wanzhou

  • Djono W. Oesman
  • 29 Sep 2021

news

China Desak Pencabutan Sanksi Ekonomi Terhadap Afghanistan

  • Visco Joostensz
  • 24 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong