Dua Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di China Barat Laut

14 August 2021, 13:44 WIB

Dua Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di China Barat Laut-Image-1

Dua spesier dinosaurus baru ditemukan di China barat laut - Image from CARL DE SOUZA/AFP via Getty Images

Bolong.id - Ahli paleontologi Tiongkok telah mengidentifikasi setidaknya dua spesies baru dinosaurus besar yang pernah berkeliaran di Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang di barat laut Tiongkok sekitar 130 juta tahun yang lalu.

Tulang-tulang yang baru terungkap itu milik sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang yang termasuk Titanosaurus, menurut penelitian yang diterbitkan Kamis (12/8/2021) di jurnal Scientific Reports.

Titanosaurus adalah salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ada di Bumi, dengan spesies terkenal seperti Patagotitan Mayorum yang diperkirakan memiliki panjang 37 meter.

Dua dinosaurus yang terungkap dalam penelitian hari Kamis (12/8/2021) adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di Cekungan Turpan-Hami di Xinjiang.

Penemuan mereka menambah bukti bahwa wilayah tersebut menampung keanekaragaman hayati yang kaya selama periode Kapur yang berakhir sekitar 66 juta tahun yang lalu, menurut para peneliti.

Dilansir dari Sixth Tone pada Jumat (13/8/2021), Wang Xiaolin, penulis utama studi tersebut, mengatakan kepada Sixth Tone bahwa mereka menemukan fosil antara tahun 2008 dan 2016 di wilayah Gurun Gobi yang luas di Cekungan Turpan-Hami. Mereka kemudian menggali fosil pterosaurus, reptil bersayap punah yang hidup berdampingan dengan dinosaurus jutaan tahun lalu.

“Ada begitu banyak fosil pterosaurus di wilayah ini, bahkan telur dan embrionya,” kata Wang, Ahli Paleontologi di Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

“Di beberapa daerah, Anda dapat menemukan setidaknya satu spesimen per meter persegi. Jadi kami tidak punya waktu untuk berurusan dengan tulang dinosaurus yang ditemukan pada saat yang sama,” lanjut Wang.

Meskipun sekarang merupakan gurun yang luas, Wang mengatkan bahwa cekungan itu dulunya adalah danau yang besar dan memiliki vegetasi yang kaya, yang mendukung miliaran hewan prasejarah untuk hidup di sana.

Salah satu dinosaurus yang disebutkan dalam penelitian ini, meskipun tidak lengkap, dianggap sebagai hewan besar yang membentang lebih dari 20 meter. Para peneliti menamakannya Silutitan sinensis, diambil dari jalur perdagangan Jalur Sutra kuno yang melintasi Xinjiang.

Sementara itu, spesies kedua diberi nama Hamititan xinjiangensis, diambil kota tempat dinosaurus ditemukan. Hamititan diperkirakan memiliki panjang setidaknya 17 meter, kata para peneliti.

“Sangat sulit untuk menemukan fosil lengkap dinosaurus besar,” kata Wang, menjelaskan bahwa lingkungan Gurun Gobi melapukan fosil dengan cepat.

Para peneliti juga menemukan beberapa tulang dinosaurus lain di wilayah tersebut, tetapi spesimen tersebut memiliki sedikit informasi untuk diidentifikasi, menurut penelitian tersebut. (*)