Baca dalam 3 menit

Bukan Hanya Daun Biasa, Ini 6 Manfaat Konsumsi Daun Ketumbar!

Waktu Publish : 26 Sep 2021, 12:47 WIB
SHARE ARTIKEL

Daun Ketumbar - Image from toutiao

Bolong.id - Biji ketumbar mungkin sudah sering digunakan sebagai rempah dalam masakan. Anda dapat menemukannya pada sup, ayam goreng, hingga makanan mancanegara seperti kari dan salad. Namun, pernahkah Anda mengolah atau mengonsumsi daunnya? Usut punya usut, daun ketumbar memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari 康宁之道 pada Sabtu (25/9/2021), daun ketumbar adalah salah satu bumbu masak sehat dengan kandungan nutrisi yang paling beragam. Daun yang masih berkerabat dengan seledri ini bisa memberikan tubuh Anda sedikit karbohidrat, mineral, serta senyawa aktif dengan berbagai kegunaannya. Lalu, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari daun ketumbar?

1. Mengobati pilek dan flu

Ketika suhu berubah, kemungkinan besar akan masuk angin, pilek, bersin. Saat ini, ketumbar merupakan bahan yang sangat baik, tidak hanya dapat digunakan sebagai hidangan, tetapi juga memiliki manfaat yang besar untuk pilek.

2. Pengobatan setelah muntah

Untuk mual dan muntah, cukup ambil ketumbar secukupnya dan tumbuk untuk mendapatkan sesendok jus, dengan dua sendok jus tebu, minum hangat, dua kali sehari untuk meredakan gejala. Apakah lebih baik daripada minum obat?

3. Menghangatkan badan

Ketumbar bersifat hangat, dan jika limpa dan perut lemah dan dingin, makanlah ketumbar untuk menghangatkan tubuh dan perut serta meredakan sakit perut. Terutama di musim dingin, jika Anda memiliki tangan dan kaki yang dingin, Anda harus berhati-hati untuk menghangatkan tubuh Anda.

4. Meningkatkan nafsu makan

Ketumbar kaya akan manitol, linalool dan zat minyak atsiri lainnya, yang dapat meningkatkan sekresi air liur, mempercepat motilitas gastrointestinal, dan secara efektif meningkatkan nafsu makan.

5. Melindungi sistem kardiovaskular

Ketumbar kaya akan vitamin C dan potasium, yang secara efektif dapat melebarkan pembuluh darah, menurunkan lipid darah, dan melembutkan pembuluh darah.

6. Meningkatkan kekebalan

Ketumbar kaya akan karoten, yang dapat melindungi selaput lendir mata, saluran pernapasan, saluran kemih dan saluran pencernaan, mencegah infeksi bakteri dan virus, dan secara efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada saat yang sama, akar ketumbar juga merupakan hbahan yang berharga, yang memiliki efek memperkuat limpa dan perut.

Anak-anak dengan demam berulang yang disebabkan oleh fungsi limpa dan perut dapat diredakan dengan minum jus ketumbar. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong