Baca dalam 3 menit

Sutradara di China Menentang Pemerintah Atas Beberapa Kebijakan Baru di Industri Hiburan

Waktu Publish : 15 Sep 2021, 19:59 WIB
Sumber : Sixth Tone
SHARE ARTIKEL

Jia Zhangke - Image from IMDb

Bolong.id - Sutradara populer asal Tiongkok Jia Zhangke menentang kampanye besar-besaran pemerintah Tiongkok intuk memberlakukan kontrol yang lebih ketat atas industri hiburan negara itu.

Pekan lalu, Administrasi Radio dan Televisi Nasional Tiongkok menerbitkan pedoman yang mengatakan orang-orang dengan politik, moral, atau estetika yang “salah” tidak dapat bekerja di industri budaya dan hiburan dan bahwa pembawa acara TV perlu mendapat lisensi dari pihak berwenang.

Surat kabar negara Legal Daily melaporkan bahwa para ahli yang tidak disebutkan namanya telah menyarankan bahwa persyaratan itu juga berlaku untuk para aktor.

Jia, yang berperan dalam film "Still Life" dan "A Touch of Sin" telah menerima penghargaan di festival di seluruh dunia, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Minggu (12/9/2021) bahwa ia menentang peraturan yang diusulkan.

“Penciptaan seni harus eklektik,” kata Jia kepada China Movie Report, sebuah program TV oleh penyiar negara CCTV. “Misalnya, sepupu saya Han Sanming adalah seorang penambang. Saya pikir dia sangat cocok untuk film 'Still Life,' dan dia memenangkan penghargaan Aktor Terbaik untuk itu. Jika ada sistem penerimaan, bisakah kita tetap mengundangnya untuk berakting, dan bisakah kita memiliki peran seperti itu di layar?”

Potongan film Still Life - Image from IMDb

Dilansir dari Sixth Tone pada Selasa (14/9/2021), komentar Jia mendapat dukungan di situs media sosial Weibo. “Terlalu konyol untuk mengandalkan ujian untuk menetapkan standar untuk hal-hal kreatif seperti seni pertunjukan,” tulis satu komentar yang mendapat dukungan. “Akhirnya ada yang angkat bicara,” tulis yang lain.

Dalam beberapa bulan terakhir, industri hiburan Tiongkok telah mengalami serangkaian skandal. Bintang pop Kris Wu ditangkap atas tuduhan pemerkosaan, aktris Zheng Shuang didenda 229 juta yuan (Sekitar Rp 506,5 M) karena menghindari pajak, dan karya aktris Zhao Wei menghilang dari situs streaming video utama karena alasan yang tidak diketahui.

Pergolakan telah diikuti oleh tindakan keras regulasi. Pihak berwenang telah menyalahkan kelompok penggemar fanatik Tiongkok, menyebabkan Weibo menghapus fitur peringkat selebriti dan situs streaming iQiyi menangguhkan semua pemungutan suara online dan pertunjukan bakatnya.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok mengatakan pada hari Kamis (9/9/2021) bahwa mereka akan membentuk sistem pelatihan reguler untuk orang-orang di industri hiburan guna memperkuat panduan ideologis. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Kehidupan Sutradara Top Tiongkok yang Tersembunyi di Kota Ke...

  • Isna Fauziah
  • 19 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong