Baca dalam 3 menit

Sering Mendengkur Saat Tidur? Bisa Jadi ini Penyebabnya

Waktu Publish : 02 Nov 2021, 15:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Sering mendengkur? Bisa Jadi ini Penyebabnya - Image from asset-a.grid.id

Bolong.id - Mendengkur atau ngorok adalah suara berisik yang berasal dari pernapasan dan keluar saat tidur. Kondisi ini disebabkan oleh penyempitan saluran udara di tenggorokkan atau hidung saat tidur.

Mendengkur bisa dialami oleh siapapun sehingga biasanya tidak berbahaya. Namun, gangguan tidur serius seperti obstructive sleep apnea juga bisa menjadi penyebab mendengkur. Bagaimana mendengkur bisa terjadi?

Ngorok atau mendengkur terjadi ketika Anda tidak dapat mengeluarkan udara secara bebas melalui hidung. Hal ini disebabkan adanya penyempitan saluran udara di sekitar tenggorokan ketika tidur.

Ketika tidur, otot di tenggorokan termasuk lidah juga akan mengendur. Pada saat itu lidah akan jatuh ke arah belakang dan saluran udara di tenggorokanpun akan menyempit.

Saluran udara yang menyempit menyebabkan udara memberikan tekanan lebih besar agar bisa terdorong ke luar. Tekanan yang besar dari aliran udara membuat saluran udara bergetar dan menghasilkan suara kasar yang mengganggu.

Semakin menyempit saluran udara, maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan untuk membangun aliran udara yang cukup. Semakin besarnya tekanan ini, maka suara ngorok pun akan semakin nyaring terdengar.

Selain itu, beberapa kondisi dan masalah kesehatan tertentu juga bisa memicu gangguan ngorok. berikut adalah penyebab ngorok terjadi saat tidur:

1. Obesitas

Obesitas dapat dianggap sebagai penyebab paling umum dari mendengkur. Obesitas biasanya menghalangi jalan napas. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas dan menghasilkan suara keras saat tidur.

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah berhentinya pernapasan bekerja, penderita ini bisa behenti napas sekitar 10 detik sebanyak ratusan kali selama tidur. Kondisi ini dikatakan serius bagi penderita sleep apnea. Karena hal ini juga, dapat menyebabkan penderita mendengkur.

3. Minum alkohol

Hal ini menyebabkan tenggorokan dan otot tumpang tindih, yang kemudian menghalangi jalan napas, menyebabkan kondisi mendengkur.

4. Insufisiensi tiroid

Tiroid yang lemah akan menghasilkan lebih sedikit hormon, yang dapat mempengaruhi satu sama lain dan menyebabkan dengkuran.

5. Amandel membesar (tonsilitis)

Tonsilitis adalah penyakit yang dapat menyebabkan tidur pada anak-anak dan orang dewasa. Saat penderita berbaring, amandel yang membesar dapat menyumbat jalannya pernafasan.(*)



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong