Baca dalam 2 menit

Vale Indonesia Gandeng China Bangun Pabrik Nikel di Morowali

Waktu Publish : 09 Nov 2021, 20:00 WIB
SHARE ARTIKEL

China Bangun Pabrik Nikel di Morowali - Image from googleusercontent.com

Bolong.Id – Dua perusahaan dari Tiongkok bekerjasama dengan PT Vale Indonesia Tbk membangun pabrik pengolahan Nikel (Smelther) di kawasan pertambangan daerah Morowali, Sulawesi Tengah.

PT Vale Indonesia Tbk bekerjasama dengan Taiyuan Iron & Steel (Group) Co dan Shandong Xinhai Technology Co untuk membangun pabrik pengolahan nikel. Saat ini ketiga perusahaan tersebut masih dalam tahap penyelesaian perizinan. Dokumen perjanjian terkait kerangka kerjasama proyek fasilitas pengolahan nikel sudah di tandatangani dan direalisasikan sejak juni lalu.

Rencananya pabrik yang akan dikelola oleh tiga perusahaan ini mengolah nikel di Morowali yang terdiri dari 8 lini Rotary Kiln-Electric Furnace (RKEF) dan perkiraan produksinya sebesar 73 ribu metrik ton nikel per tahun.

Proyek kerjasama tiga perusahaan ini meliputi kontrak karya Vale seluas 16.395 hektare (ha) di blok 2 dan blok 3 Bahodopi, Morowali, yang terdiri dari dua bagian utama, yakni penambangan dan pembangunan smelter.

Saat ini, menurut Dani Widjaja selaku Direktur Vale Indonesia mengatakan bahwa, tahap akhir untuk memastikan kegiatan penambangan dapat dilakukan dengan aman, layak, ekonomis, dan memastikan kembali ketersediaan pasokan material bijih nikel untuk pabrik pengolahan sedang di jalankan.

Tahap lanjutannya yaitu juga sedang dijalankan pembangunan pabrik pengolahan nikel beserta berbagai fasilitas pendukungnya di Sambalagi, Morowali. Selain pabrik nike juga akan membangun pabrik pengolahan biji limnit di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pabrik ini akan menggunakan teknologi High Pressure Acid Leaching (HPAL) (*)



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong