Baca dalam 3 menit

Bisnis Saat Imlek

Waktu Publish : 11 Feb 2021, 11:36 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL


Pembeli membeli sayuran di supermarket di Nantong, provinsi Jiangsu - Image from China Daily

Bolong.id - Liburan adalah kesempatan yang menggembirakan bagi banyak orang di Tiongkok karena ini adalah waktu untuk bertemu dengan keluarga, teman, dan kerabat. Tetapi bagi sebagian orang, baik itu perusahaan pengiriman, apotek, supermarket, dan pemerintah daerah, semuanya berjalan seperti biasa, karena mereka bekerja sepanjang waktu untuk memastikan bahwa reuni keluarga menjadi acara yang mulus dan menyenangkan.

Wang Chao, spesialis paket dari perusahaan ekspres Best Inc yang berbasis di Hangzhou, adalah salah satu dari mereka yang akan tinggal di Shanghai selama liburan Tahun Baru Imlek mendatang. Meskipun dia merindukan kampung halamannya dan hidangan spesial yang dibuat oleh ibunya, dia akan berada di posnya selama liburan tujuh hari untuk memastikan kelancaran pengiriman paket di kota.

Seperti Wang, ada beberapa kurir dan karyawan perusahaan logistik yang memastikan pengumpulan dan pengiriman paket normal di seluruh China. Perusahaan seperti ZTO Express, yang beroperasi di lebih dari 300 kota di Cina, akan bekerja normal antara 8 Februari dan 16 Februari. Perusahaan logistik yang berbasis di Shanghai mengatakan lebih dari 60.000 kurir, 5.000 unit traktor berkapasitas tinggi, dan 10.000 pengemudi bersiap untuk pengiriman liburan. JD Logistics, sebuah unit raksasa e-commerce JD, membagikan bonus sebesar 100 juta yuan ($ 15,5 juta) kepada stafnya untuk pengiriman liburan ke lebih dari 300 kota di Cina. Dilansir dari China Daily 10/2/2021.

YTO Express, perusahaan pengiriman lainnya, mengatakan operasi domestik dan internasionalnya akan berlanjut seperti biasa selama liburan. Cheng Xie, kepala unit YTO Express di daerah Tongji di distrik Yangpu Shanghai, mengatakan dia dan rekan-rekannya telah memutuskan untuk bekerja secara sukarela selama periode imlek. Sebagai hadiah, masing-masing dari mereka akan menerima tunjangan, makan malam Tahun Baru yang besar, amplop merah serta paket hadiah untuk orang tua dan keluarga mereka di rumah, kata Cheng.

Bukan hanya perusahaan logistik yang bekerja seperti biasa. Xia Meili, yang menjalankan kios sayuran di pasar basah di Zhangjiang, Area Baru Pudong Shanghai, mengatakan dia dan beberapa rekannya bekerja seperti biasa selama liburan. Ini sangat kontras dengan tahun-tahun sebelumnya, ketika pasar akan tutup selama beberapa hari karena kurangnya pelanggan, kata Xia.

Freshippo, salah satu unit raksasa e-commerce Alibaba Group, tidak hanya memilih berbagai pilihan hidangan tradisional Tahun Baru Imlek China untuk pelanggannya tahun ini, tetapi juga meningkatkan kapasitas pengirimannya di Shanghai.

Selain supermarket fisik, toko, serta berbagai platform e-commerce, toko swalayan China juga menerapkan tindakan serupa. Survei yang dilakukan di kota-kota seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen di provinsi Guangdong, Suzhou dan Wuxi di provinsi Jiangsu, Jinan dan Qingdao di provinsi Shandong, Zhengzhou di provinsi Henan, dan provinsi Ningbo di Zhejiang menunjukkan toko swalayan adalah pilihan kedua yang disukai untuk pembelian , setelah platform e-niaga utama, menurut Xue Enyuan, direktur eksekutif Toko Serba Ada Bianlifeng. Selain makanan, makanan ringan, pembelian khusus untuk perayaan imlek dan kebutuhan sehari-hari lainnya, Toko Serba Ada Bianlifeng di Beijing, Shanghai, Tianjin, Shenzhen dan Suzhou akan melanjutkan layanan sepanjang waktu seperti biasa, kata Xue.

Hampir 60 persen apotek di lebih dari 200 kota besar China juga akan menjalankan bisnis normal selama imlek, menurut data yang dikumpulkan oleh platform katering online Eleme. Platform tersebut mengatakan akan menyediakan layanan pengiriman obat non-stop di 10 kota besar China termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou dan provinsi Hangzhou di Zhejiang.

Pemerintah daerah juga secara aktif mengerahkan sumber daya yang memadai untuk memastikan operasi yang aman dan normal selama liburan. Pemerintah kota Shanghai memanfaatkan sumber dayanya untuk menjamin pasokan makanan yang cukup dan menstabilkan harga daging, sayuran, daging sapi, domba, dan produk air, menurut Komisi Perdagangan Kota Shanghai.

Pasar grosir utama kota telah memperkuat kerja sama pasokan daging babi dengan 127 toko daging di 16 provinsi termasuk Hebei, Shandong, Heilongjiang dan Jiangsu, yang diharapkan dapat mengurangi kekurangan pasokan. Shanghai Vegetable (Group) Co Ltd menyediakan 7.000 metrik ton dari 180 sayuran berbeda setiap hari.

Ada juga orang dari berbagai lapisan masyarakat yang mengorbankan liburan mereka untuk memastikan tidak ada gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah tahun kedua berturut-turut Sun Chengcai, seorang petugas polisi dari Kantor Polisi Hengmian di Shanghai Pudong New Area, memilih untuk tinggal di Shanghai daripada kembali ke kampung halamannya di Lianyungang, provinsi Jiangsu. Petugas polisi berusia 55 tahun dan dua rekannya akan bertanggung jawab atas keselamatan hampir 10.000 orang tahun ini. "Bagi saya, Festival Musim Semi berarti tanggung jawab. Keluarga datang setelah tugas," katanya. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah



Terkait

culture

Macam-macam Hari Libur Umat Muslim

  • Visco Joostensz
  • 13 May 2021

news

Liburan May Day Berakhir, KA China Angkut Lebih dari 78 Juta...

  • Lupita
  • 10 May 2021

lifestyle

Pariwisata Domestik China Meningkat Drastis di Libur Hari Bu...

  • Esy Gracia
  • 08 May 2021

lifestyle

Selama Libur May Day Lalu Lintas China Lancar dan Aman

  • Visco Joostensz
  • 06 May 2021

news

Perjalanan Penumpang Kereta Liburan China Meningkat Dibandin...

  • Lupita
  • 05 May 2021

news

CIA: Angka Kelahiran Taiwan Terendah di Dunia

  • Lupita
  • 05 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong