Baca dalam 2 menit

Rekor, 28 Pesawat Tempur Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwan

Waktu Publish : 17 Jun 2021, 08:24 WIB
Sumber : Medcom.id
SHARE ARTIKEL

Pesawat militer Tiongkok - Image from Medcom.id

Bolong.id - Pada 15 Juni, sebanyak 28 pesawat militer Tiongkok memasuki wilayah udara barat daya Taiwan.

Menurut situs web Tiongkok Deutsche Welle pada 16/06/21, mengutip Medcom.id dan laporan media lainnya, Tiongkok mengirim 28 pesawat militer ke wilayah udara barat daya Taiwan pada tanggal 15 Juni lalu, termasuk mengirimkan pesawat pembom yang dapat membawa hulu ledak nuklir.

Pada malam pesawat militer memasuki wilayah udara Taiwan sementara para pemimpin Kelompok Tujuh (G7) mengeluarkan pernyataan bersama pada tanggal 14 Juni, di mana mereka menuduh Tiongkok bermasalah seperti kepada Hong Kong dan Xinjiang, dan menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Namun Beijing menanggapi dengan mendesak negara-negara anggota G7 untuk berhenti memfitnah Tiongkok.

Pada saat yang sama, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan bahwa Angkatan Udara Tiongkok mengirim 28 pesawat tempur ke Air Defence Identification Zona (ADIZ) Taiwan. Sebanyak 28 pesawat militer Tiongkok kali ini termasuk 14 pesawat F-16, 6 pesawat F-11, dan 4 pesawat militer H-6 yang dapat membawa senjata nuklir dan anti-kapal selam, peperangan elektronik dan pesawat peringatan dini.

Kementerian Pertahanan Nasional juga menambahkan bahwa Taiwan mengirim pesawat tempur guna mencegat dan memperingatkan pesawat tempur Tiongkok, dan mengerahkan sistem rudal untuk pengawasan.

Pada bulan April tahun ini, Tiongkok mengirim 25 pesawat militer juga ke Zona ADIZ, ini menunjukkan bahwa ada lebih banyak pesawat militer dan membuat rekor jumlah tertinggi pesawat militer Tiongkok yang mengganggu Taiwan.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Tiongkok Terbangkan Pesawat ke Taiwan, Militer AS dan Taiwan...

  • Oki
  • 27 Jun 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong