Baca dalam 3 menit

Gandeng PMI, PPI Tiongkok Gelar Kegiatan Donor Darah di Berbagai Kota

Waktu Publish : 14 Nov 2021, 18:39 WIB
SHARE ARTIKEL

Donor darah PPI Tiongkok - Image from PPI Tiongkok

Bolong.id - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Indonesia 12 November 2021, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Lions Club Medan dan Lions Club Bandung mengadakan donor darah pada hari Jumat (12/11) sampai Minggu (14/11) di Surabaya, Jakarta, Jambi, Palembang, Bandung, Semarang, Banjarmasin, dan Medan.

Dalam kata sambutannya, Ketua Pelaksana Acara, Callista Angelique Pudjanegara mengatakan bahwa keadaan Covid-19 yang menyebabkan menipisnya persediaan darah di PMI membuat PPI Tiongkok berinisiatif mengadakan kegiatan donor darah yang bertujuan untuk memfasilitasi dan membangun kesadaran masyarakat Indonesia untuk berdonor darah sehingga dapat membantu mereka yang membutuhkan. Selain itu juga untuk memenuhi persediaan darah yang permintaannya sempat meningkat. Callista juga berharap kegiatan ini dapat memenuhi standar kantong darah yang dibutuhkan PMI dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah bagi kesehatan.

Donor Darah PPI Tiongkok terbuka untuk umum dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan dan sesuai prosedur PMI. Kegiatan ini telah diikuti oleh 604 peserta dari ke delapan kota dan berhasil mengumpulkan 553 kantong darah. Banyaknya peserta dan kantong darah jauh melampaui ekspektasi PPI Tiongkok.

Acara aksi donor darah di Jakarta turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta, Arya Sandhiyudha PhD dan Ketua PPI Tiongkok, Nikkolai Ali Akbar Velayati. Bapak Arya menyampaikan kegiatan PPI Tiongkok dapat mendorong Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) lainnya untuk melakukan aksi serupa, mengingat stok darah selama COVID-19 pasokan darah di PMI sangat kurang.

PMI memberikan piagam penghargaan kepada PPI Tiongkok sebagai pelopor pertama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) atas pelaksanaan donor darah serentak di Indonesia. Dan dilanjutkan pemberian plakat PPI Tiongkok kepada PMI atas kerja sama kegiatan ini.

Donor darah PPI Tiongkok - Image from PPI Tiongkok

“Berbagi kepada sesama gak perlu mahal, cukup mendonasikan darah kita untuk menyelamatkan sesama” ujar Ketua PPI Tiongkok, Nikkolai Ali Akbar Velayati.

Kegiatan “Give Blood Save Lives” juga mendapat dukungan dan apresiasi dari Bank Sumut Cabang Babel Kapten A. Rivai Palembang dan konsultan pendidikan luar negeri, TUTORAVEL.(*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Simposium Nasional PPIT 2021 : Hadapi Ketatnya Persaingan Du...

  • Esy Gracia
  • 10 Jun 2021

culture

Cerita Mahasiswa Indonesia Jalankan Ibadah Puasa dan Hari Ra...

  • Lupita
  • 13 May 2021

news

Potensi Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Membangun The New No...

  • Isna Fauziah
  • 24 Aug 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong