Spesies Anggrek Langka Ditemukan di Yunnan China

06 March 2023, 09:21 WIB

Spesies Anggrek Langka Ditemukan di Yunnan China-Image-1
tanaman Paphiopedilum wardii Summerhayes

Beijing, Bolong.id - Ilmuwan Tiongkok telah menemukan spesies tumbuhan langka Paphiopedilum wardii Summerhayes di Provinsi Yunnan, Tiongkok barat daya. Ini adalah satu-satunya populasi tanaman liar yang diketahui di Tiongkok.

Dilansir dari 人民网 pada Sabtu (04/03/23), spesies ini terdaftar sebagai terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List of Threatened Species.

Pada awal 2023, staf cabang pengelolaan Cagar Alam Nasional Pegunungan Gaoligong Fugong memulai penyelidikan lapangan di Paphiopedilum.

Pada 27 Februari, para peneliti menemukan tanaman Paphiopedilum liar di rerumputan lereng bukit di ketinggian lebih dari 1.300 meter di Pegunungan Gaoligong. Itu diidentifikasi sebagai spesies langka Paphiopedilum wardii Summerhayes oleh para ahli dari Institut Botani di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

"Sejak tahun 2004, saya telah pergi ke Pegunungan Gaoligong untuk sekitar 100 penyelidikan lapangan dan menemukan lebih dari 30 spesies baru Orchidaceae, tetapi tidak satu pun tanaman liar Paphiopedilum wardii Summerhayes," kata Jin Xiaohua, seorang peneliti dari institut tersebut.

Menurut Jin, spesies tersebut hanya tersebar di Yunnan barat daya dan Myanmar utara. Periode pembungaannya adalah dari Desember hingga Maret tahun berikutnya. (*)