Baca dalam 3 menit

Vaksin COVID-19 Tiongkok Siap Pasar Desember 2020

SHARE ARTIKEL

Vaksin COVID-19 Tiongkok Siap Dipasarkan Pada Desember 2020 - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Kandidat vaksin COVID-19 tidak aktif yang kini dikembangkan oleh perusahaan farmasi Tiongkok kemungkinan akan tersedia di pasaran pada akhir Desember 2020. Harga kurang dari 1.000 yuan (sekitar Rp2,1 juta) per dua dosis.

“Setelah akhir fase ketiga uji klinis internasional, vaksin tidak aktif COVID-19 dapat memasuki proses persetujuan dan diharapkan akan diluncurkan pada akhir Desember tahun ini,” ungkap Liu Jingzhen (刘敬桢), ketua China National Pharmaceutical Group (Sinopharm), pada hari Selasa (18/8/2020), dilansir dari laman sohu.com.

Dia juga mengatakan bahwa satu suntikan vaksin akan memiliki tingkat perlindungan sekitar 97%, dalam keadaan normal dapat mencapai tingkat resistensi terhadap virus COVID-19 dalam waktu sekitar setengah bulan, jika diberikan dua suntikan vaksin, tingkat perlindungan tersebut dapat mencapai 100%. 

Setelah resmi memasuki pasar, harga vaksin ini menurut Liu tidak akan tinggi dengan setiap dua dosisnya diperkirakan seharga kurang dari 1.000 yuan (sekitar Rp2,1 juta).

Liu juga menambahkan bahwa tidak semua dari 1,4 miliar penduduk Tiongkok perlu divaksinasi, Ia menyarankan agar siswa dan mereka yang bekerja di kota harus melakukan vaksinasi sementara orang yang tinggal di daerah pedesaan dengan populasi yang relatif lebih kecil tidak perlu melakukannya.

Dua kandidat vaksin tidak aktif yang dikembangkan oleh institut di bawah Sinopharm di Beijing dan Wuhan telah melakukan uji klinis fase ketiga di Uni Emirat Arab pada bulan Juni 2020 lalu. Liu Jingzhen (刘敬桢) sendiri juga telah disuntik dengan dua dosis vaksin dari salah satu kandidat vaksin tidak aktif tersebut. Sejauh ini, dia merasa "tidak ada efek samping".

Sementara itu, sebuah pabrik di Beijing yang mampu memproduksi 120 juta dosis per tahunnya telah lulus pemeriksaan keamanan biologis dari otoritas nasional terkait dan siap untuk memproduksi vaksin. Sementara pabrik Sinopharm lainnya di Wuhan mampu menghasilkan 100 juta dosis per tahun.

Baca Juga:

Hoaks: Vaksin COVID-19 Asal Tiongkok Sudah Dijual

Vaksin COVID-19 Tiongkok Sinopharm Positif Picu Antibodi saat Uji Klinis

Vaksin COVID-19 Rusia Diperkirakan Akan Siap dalam Dua Minggu Lagi

Terkait

teknologi

Cerita Zhu Aobing, Relawan Uji Coba Vaksin COVID-19

  • Bolong team
  • 23 Mar 2020

kesehatan

Komite Pengarahan Pusat Mempercepat Vaksin COVID-19, Teknolo...

  • Bolong team
  • 02 Apr 2020

teknologi

Empat Relawan Uji Klinis Fase I Vaksin COVID 19 Telah Pulang...

  • Bolong team
  • 02 Apr 2020

kesehatan

Dapatkah COVID 19 Dicegah Tanpa Vaksin?

  • Bolong team
  • 03 Apr 2020

kesehatan

Akankah Semua Orang Mendapatkan Vaksin COVID-19? Begini Jawa...

  • Bolong team
  • 06 Apr 2020

berita

Vaksin COVID-19 Mulai Digunakan Pada Bulan April 2020!

  • Bolong team
  • 09 Apr 2020
Logo follow bolong