Bagaimana Menumbuhkan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Bayi?

logo clock 3 Menit logo clock 20-09-2020, 05:01

Menumbuhkan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Bayi - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Banyak ibu yang merasakan susahnya mengejar anak-anak mereka untuk makan. Oleh karena itu, bagaimana caranya untuk membuat anak-anak mereka makan dengan inisiatif sendiri merupakan topik yang menjadi perhatian banyak ibu di luar sana. 

Chen Yufei (陈雨菲), seorang guru PAUD profesional di Kota Beijing, mengingatkan bahwa anak-anak tidak makan dengan baik, terutama karena ada masalah dengan kebiasaan makan anak selama periode penambahan makanan tambahan, dilansir dari laman berita Xinhua, Sabtu (19/9/2020). 

Jika orang tua memupuk kebiasaan makan yang baik untuk anaknya, mereka tidak perlu mengejar anaknya untuk makan. Secara umum, sekitar umur 8 bulan adalah masa emas bagi bayi untuk belajar makan secara mandiri. Para ibu dapat mencoba menggunakan bahan dan warna yang berbeda untuk membuat makanan dengan ukuran dan kelembutan sedang yang nyaman untuk dimakan bayi dengan tangan. 

Pada saat yang sama, penting juga untuk menyiapkan satu set peralatan makan khusus untuk bayi, agar bayi dan orang dewasa dapat makan malam bersama di atas meja, dan membangun kebiasaan makan bersama.

Selain itu, perlu pula menumbuhkan kebiasaan anak untuk tidak menonton TV dan bermain handphone saat makan. Sebagian besar kasus ibu yang mengejar anaknya disebabkan oleh kebiasaan anak makan sambil bermain. Oleh karena itu, meskipun balita masih kecil dan tidak dapat duduk dan makan, orang tua harus tetap berpegang pada prinsip membiarkan anak berkonsentrasi pada makanan, bukan hal lainnya.

Ada juga para ibu yang demi membuat bayinya makan, menggunakan berbagai hadiah untuk mendapat perhatiannya. Namun, anak-anak untuk mendapatkan hadiah akan cenderung makan dengan lahap dan mudah mengalami gangguan pencernaan. 

Ibu harus dengan seksama menganalisa alasan mengapa bayi tidak mau makan, apakah anak tidak tertarik dengan makanan, apakah cara memasaknya terlalu monoton, dll. Di sisi lain, saat bayi mulai belajar makan, kebanyakan diantaranya terbiasa makan dengan tangan, dan mudah untuk menumpahkan makanan ke seluruh tubuh. Orang tua biasanya langsung mengambil sendok untuk menyuapi mereka. Padahal, orang tua pada saat ini seharusnya membiarkan bayinya makan sendiri, hal ini akan memudahkan dalam mengembangkan kebiasaan makan bayi yang baik. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Riset: COVID-19 Menempel di Kulit Manusia 9 Jam

 

logo clock 19-10-2020, 14:35
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Laporkan Tidak Ada Kasus COVID-19 Lokal yang Baru

 

logo clock 19-10-2020, 11:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Wow! COVID-19 Hidup di Kemasan Makanan Beku di Qingdao?

 

logo clock 19-10-2020, 04:30
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Sapi Makan Stroberi, Apakah Susunya Rasa Stroberi? Begini Hasil Riset...

 

logo clock 18-10-2020, 15:20
logo clock Baca ini dalam 6 Menit
logo share

Awal Tes COVID-19 terhadap 11 Juta Warga Qingdao Ternyata Ini...

 

logo clock 18-10-2020, 13:23
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral