Baca dalam 3 menit

China Izinkan Investasi Asing Punya Kendali Mayoritas

Waktu Publish : 02 Feb 2021, 08:47 WIB
SHARE ARTIKEL


pasar china mulai dibuka -  Gambar diambil dari berbagai sumber segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Kantor Umum Komite Sentral Communist Party of China (CPC) bersama dengan Dewan Negara China pada Minggu (31/1/21) menerbitkan rencana memandu pembangunan sistem pasar standar tinggi dalam program lima tahun ke depan.

Itu pola pembangunan ekonomi "sirkulasi ganda", di mana pembangunan dalam negeri diambil sebagai andalan, dan pembangunan domestik dan internasional memperkuat satu sama lain.

Perlindungan hak milik, yang mencakup perlindungan hak milik atas dasar kesetaraan, akan ditingkatkan, terlepas dari status kepemilikan publik atau swasta, dan sistem peradilan dalam perlindungan hak milik juga akan diperkuat.

Rencana tersebut menegaskan kembali bahwa Tiongkok mengizinkan modal asing untuk memiliki kendali mayoritas di bank patungan, atau sekuritas, sementara perusahaan manajemen aset dapat dimiliki sepenuhnya atau dimiliki bersama. 

Pemerintah kini sedang merumuskan langkah-langkah dalam mengelola penerbitan obligasi oleh lembaga luar negeri di pasar obligasi domestik. Dilansir dari CGTN pada Minggu (31.01.2021)

Memperluas akses

Rencana tersebut menyerukan pembukaan industri jasa secara tertib, dengan sektor medis, pendidikan dan perlindungan lingkungan sebagai pemimpinnya. Sementara itu, pembatasan akses pasar akan dikurangi. 

Ini juga menyerukan untuk melaksanakan proyek percontohan untuk memperluas akses pasar di wilayah tertentu, seperti Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan dan Zona Kerjasama Intensif Guangdong-Macao di Hengqin. 

Perlakuan nasional pra-masuk dan sistem manajemen daftar negatif akan ditingkatkan, termasuk mengurangi daftar negatif untuk akses asing, sementara lebih jauh memperluas daftar sektor di mana investasi asing didorong. 

Direvisi oleh otoritas Tiongkok setiap tahun, daftar negatif menentukan industri di mana aktivitas investor asing dibatasi atau dilarang, yang menunjukkan bahwa industri, bidang, dan bisnis yang tidak ada dalam daftar terbuka untuk investasi bagi semua pelaku pasar.

Rencana tersebut mengacu pada penciptaan lingkungan pasar yang adil di mana perusahaan domestik dan asing diperlakukan sama, dan lingkungan bisnis legal yang berorientasi pasar yang memenuhi standar internasional.

Ini menyerukan untuk menerbitkan pedoman tentang kepatuhan anti-monopoli luar negeri untuk perusahaan, dan memperkuat peraturan anti-monopoli di bidang bisnis baru, seperti ekonomi platform dan ekonomi berbagi.

Tiongkok berjanji untuk memperkuat upaya anti-monopoli dan mencegah ekspansi modal yang tidak teratur tahun ini. Negara itu meluncurkan rancangan aturan anti-monopoli November lalu pada ekonomi online-nya, termasuk informasi terperinci tentang persyaratan pengungkapan. Dewan Negara kemudian menyetujui pembentukan komite antar kementerian, yang bertujuan untuk meningkatkan upaya memerangi persaingan tidak sehat.

Awal bulan ini, negara ini meluncurkan rancangan peraturan yang bertujuan untuk memperkuat pengawasan anti-monopoli atas layanan pembayaran oleh lembaga non-bank.(*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Terkait

business

Tidak Terpengaruh COVID-19, 100 Perusahaan di Tiongkok Justr...

  • Nabila Caya
  • 29 Apr 2020

news

Pasar Malam Tiongkok Kembali Bangkit

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 May 2020

business

Kongres Rakyat Nasional Tiongkok Berlanjut, Harga Saham Hong...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 25 May 2020

technology

Penelitian Ungkap Covid-19 Bukan Berasal dari Pasar Makanan ...

  • Nabila Caya
  • 26 May 2020

news

Gao Fu: Tidak Benar Pasar Makanan Laut Wuhan Merupakan Lokas...

  • Nabila Caya
  • 27 May 2020

business

Geser OPPO, Vivo Pimpin Pasar Ponsel Pintar Indonesia di Awa...

  • Dwi
  • 28 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong