Lama Baca3 Menit

Kualitas Yuan Digital China Setara Uang Tunai

26 January 2023, 11:39 WIB

Kualitas Yuan Digital China Setara Uang Tunai-Image-1
Yuan digital China adalah salah satu inisiatif mata uang digital bank sentral paling maju di dunia. Foto: Kyodo

Beijing, Bolong.id - Bank sentral Tiongkok telah mengaktifkan pembayaran Yuan Digital offline bagi pengguna smartphone Android.

Dilansir dari CGTN Minggu (22/1/2023), dengan fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi seluler Yuan Digital Bank Rakyat Tiongkok (People's Bank of China/PBOC), pengguna dapat melakukan pembayaran bahkan ketika perangkat mereka tidak memiliki koneksi atau daya internet, dengan mata uang digital bank sentral (central bank digital currency/CBDC). 

Fitur tersebut menggunakan teknologi komunikasi medan dekat atau NFC.(Near-field Communication).

Fitur yuan digital bertujuan untuk memberikan kenyamanan uang tunai dengan menawarkan opsi untuk pembayaran offline, meskipun jarang digunakan, kata Qi Mohan, anggota tim yuan digital cabang Beijing dari Bank Industri dan Komersial Tiongkok.

Dalam fitur, pengguna dapat mengaktifkan fungsi "ketuk untuk membayar" dan menetapkan batas jumlah dan nilai pembayaran offline yang dapat dilakukan.

Qi menambahkan bahwa fungsi menetapkan batasan dimaksudkan untuk mengatasi masalah keamanan jika ponsel pengguna hilang atau dicuri, karena kode verifikasi akan diperlukan untuk pembayaran yang melebihi kuota yang telah ditetapkan. Ditambah lagi, mereka yang kehilangan ponselnya dapat menangguhkan fungsi pembayaran offline dengan masuk ke aplikasi dari ponsel lain.

Meskipun fungsi baru ini hanya tersedia pada beberapa model ponsel Xiaomi dan VIVO, tetapi fitur ini masih dalam tahap pengembangan, dan diharapkan akan tersedia di berbagai model lain dalam waktu dekat, Wang Xin, manajer departemen keuangan jaringan cabang Beijing dari Bank Pertanian Tiongkok.

Sementara itu, situs web Bank Rakyat Tiongkok menunjukkan area percontohan digital yuan juga telah diperluas.

Sejak 2014, Bank Rakyat Tiongkok telah menguji coba e-CNY dalam berbagai bentuk. Sekarang sedang diluncurkan di Shenzhen, Suzhou, Xiongan dan Chengdu, tempat program percontohan pertama kali diluncurkan. Selain itu, Kota Jinan di Provinsi Shandong, Kota Nanning dan Kota Fangchenggang di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Kota Kunming di Provinsi Yunnan, dan Prefektur Otonomi Xishuangbanna Dai baru-baru ini ditambahkan sebagai daerah percontohan baru.

Dengan pendalaman bertahap dari percontohan yuan digital dan perluasan cara yuan digital dapat digunakan, otoritas Tiongkok telah menargetkan jenis pembayaran yang akan mendapatkan jangkauan terluas orang yang menggunakan mata uang digital bank sentral, kata Xuan Changneng, deputi Gubernur di Bank Rakyat Tiongkok pada konferensi kerja bank sentral tahun 2023. (*)

<<