Baca dalam 3 menit

Bayi Mengalami Berdahak? Coba Lakukan 3 Cara Ini !

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 15:43 WIB
SHARE ARTIKEL

Bayi - Image from Seuramoe Aceh

Bolong.id - Tidak jarang anak sering batuk berdahak, dan karena anak masih kecil umumnya tidak batuk berdahak.

Dilansir dari 99 Jaringan Kesehatan (04.06.2021). Oleh karena itu, deteksi dini dan pengobatan dini sangat penting, jika tidak maka akan mempengaruhi tumbuh kembang anak yang sehat. Lalu, apa yang harus dilakukan jika bayi berdahak dan tidak bisa batuk?

1. Beri lebih banyak air hangat

Ketika bayi mengeluarkan dahak dan tidak bisa batuk, orang tua harus memberi anak lebih banyak air hangat untuk mengencerkan dahak yang kental untuk memicu batuk.

Pada saat yang sama, kita harus memperhatikan diet seimbang, memperhatikan kontrol asupan, jangan menumpuk makanan, jika tidak maka akan memperburuk gejala, yang tidak kondusif untuk pemulihan penyakit.

Apalagi ketika bayi tidak mau makan, orang tua tidak boleh memaksanya.Menurut penelitian, mengurangi asupan nutrisi secara tepat dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan membantu pemulihan dari penyakit.

2. Metode menepuk-nepuk

Cara mengeluarkan dahak pada bayi satu ini merupakan cara paling umum dan paling mudah dilakukan. Namun, walaupun begitu kamu tetap harus melakukannya dengan berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Posisikan bayi dalam posisi tengkurap, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan perlahan dan dahak pada bayi biasanya akan dimuntahkan bayi atau bisa juga dikeluarkan bersama kotoran atau urin nantinya.

Cara ini bisa dilakukan juga dengan mengombinasikannya dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya. Menelungkupkan dan menepuk-nepuk punggung bayi dengan perlahan merupakan cara yang bisa dilakukan dengan cara menghirup uap dan juga menjemurnya di sinar matahari pagi.

3. Menghangatkan bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang kedua adalah dengan menghangatkan tubuhnya. Menghangatkan tubuh bayi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang pertama dalam hal ini bisa dilakukan dengan memandikan bayi atau berendam beberapa saat di dalam air hangat agar tubuhnya menjadi hangat. Dengan begitu suhu tubuh bayi menjadi hangat juga dan dahak bisa menjadi lebih encer untuk dikeluarkan.

Selain itu, bayi juga bisa dipakaikan baju hangat dan dioleskan minyak telon pada tubuhnya untuk menghangatkannya. Namun, ada beberapa bayi yang memiliki alergi dengan minyak telon, jadi perhatikan hal ini baik-baik.

Ruangan tempat bayi berisitirahat harus dijaga kehangatannya dan juga bersih dari debu agar dahak tidak semakin menumpuk. Dengan menghangatkan tubuh bayi, maka bayi tidak akan gelisah dan rewel lagi karena dahaknya sudah bisa dikeluarkan.(*)

Terkait

news

China Harus Menghindar dari 'Resesi Seks'

  • Visco Joostensz
  • 21 May 2021

culture

Man Yue, Tradisi Unik Asal China Untuk Sambut Bayi Usia 1 Bu...

  • Lupita
  • 19 May 2021

news

Nama Bayi Terpopuler di China

  • Lupita
  • 15 Feb 2021

Culture

Tso Too Tse, Ramal Masa Depan Anak di Usia Setahun

  • Lupita
  • 05 Dec 2020

culture

Pesta Ulang Tahun Digelar untuk Anak-Anak Panda di Sichuan

  • Isna Fauziah
  • 16 Sep 2020

culture

Nama Bayi Harimau Ini Terinspirasi dari Idiom Tiongkok

  • Isna Fauziah
  • 06 Sep 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong