Baca dalam 3 menit

Situs Majiayao Saksi Peradaban Budaya Timur dan Barat

Waktu Publish : 22 Jul 2021, 13:00 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Pameran peninggalan budaya Majiayao di Lintao, Gansu - Image from China News

Lintao, Bolong.id - Pada tanggal 20 Juli 2021, sebuah pameran peninggalan budaya yang digali dari situs Majiayao diadakan di Kabupaten Lintao, Kota Dingxi, Provinsi Gansu.

Dilansir dari China News pada Selasa (20/07/2021), Li Yuhong 李玉宏, Direktur Museum Kabupaten Lintao, mengatakan bahwa pameran tersebut menampilkan 50 peninggalan budaya yang digali, menunjukkan untuk pertama kalinya akumulasi lapisan budaya di berbagai wilayah reruntuhan situs Majiayao, serta distribusi dan pelestarian peninggalan.

"Hal ini memainkan peran kunci dalam mengeksplorasi peran unik budaya Majiayao di persimpangan peradaban Tiongkok dan Barat dan asal usul peradaban Tiongkok, meningkatkan pengaruh merek budaya Gansu, dan memperluas popularitas dan reputasi budaya Majiayao di negara dan dunia,” Li Yuhong 李玉宏 mengatakan bahwa pameran ini berfokus pada hasil penggalian situs Majiayao dan Siwa dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, juga untuk secara sistematis menunjukkan hasil penggalian arkeologi situs Majiayao dari Institut Peninggalan Budaya Gansu dan Arkeologi Akademi Ilmu Sosial Tiongkok dari tahun 2014 hingga 2017.

Li Yuhong 李玉宏 mengatakan bahwa peninggalan budaya yang disebutkan di atas sebagian besar terdiri dari tembikar, peralatan tulang dan batu yang diwakili oleh pot api yang unik dan vas gerabah abu-abu. Ragam pola pada tembikar berwarna yang digali mengungkapkan proses kemerdekaan budaya Majiayao dari budaya Yangshao dan secara bertahap membentuk fitur budayanya sendiri yang unik, dan menunjukkan nilai situs Majiayao dalam sejarah arkeologi Tiongkok, proses peradaban di Tiongkok Barat Laut dan pertukaran budaya antara Timur dan Barat.

Situs Majiayao terletak di tepi barat Sungai Tao, 12 kilometer selatan Kabupaten Lintao, sebuat situs dari periode Neolitik akhir. Pada tahun 1924, cendekiawan asal Swedia Anderson menemukan situs Majiayao di Desa Majiayao di tepi barat Sungai Tao dan menamai budaya ini Budaya Yangshao Gansu. Pada tahun 1945, arkeolog terkenal Xia Nai 夏鼐 datang ke situs Lintao Majiayao untuk menggali dan menamainya menjadi budaya Majiayao. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Budaya Majiayao, Pencampuran Budaya Tiongkok Dengan Negara A...

  • Esy Gracia
  • 24 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong