Baca dalam 3 menit

3 Tips Mudah Membuat Teh Lavender

Waktu Publish : 11 Sep 2021, 10:40 WIB
Sumber : chayi5.com
SHARE ARTIKEL

Teh Lavender - Image from tofubud.com

Bolong.id - Lavender atau Lavandula angustifolia adalah salah satu bolong.id/keyword/tanaman terwangi di dunia. Tanaman ini biasa digunakan untuk membuat sabun dan produk kesehatan kulit. Selain itu, lavender juga dapat dijadikan sebagai teh.

Sebenarnya lavender tidak terlalu sering digunakan sebagai bahan teh karena teh lavender alami memiliki rasa yang kuat, bahkan pahit. Lavender sebagai teh biasanya digunakan sebagai campuran untuk menambahkan aroma bunga yang menenangkan.

Dilansir dari chayi5.com, tak sekadar ‘penambah’, teh lavender nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho, untuk itu yuk simak cara buatnya.

1. Diseduh langsung

Saat membuat teh lavender, Anda dapat menggunakan bunga lavender kering untuk menyeduh secara langsung. Ambil sekitar 10 gram, dan langsung masukkan ke dalam gelas atau panci berisi air panas 95 derajat, rendam selama sekitar 5 menit. turun, lalu tambahkan madu dalam jumlah yang sesuai.

2. Rendam dengan perilla

Teh lavender dapat diseduh dengan perilla. Anda perlu menyiapkan 5 gram lavender dan 5 gram perilla. Masukkan keduanya ke dalam panci dan rendam dalam air mendidih. Anda dapat menambahkan gula batu sesuai selera. Sekitar 5 menit, tunggu hingga agak dingin dan siap diminum.

3. Campurkan dengan licorice

Saat membuat teh lavender, Anda juga bisa mencampurnya dengan licorice dan goji berry. Ketiga bahan ini dapat disiapkan dengan perbandingan 1:1. Masukkan langsung ke dalam teko bersih berisi 300ml air mendidih dan rendam selama 4 hingga 5 menit. Anda juga bisa menambahkan madu untuk rasa yang lebih enak.

Efek buruk teh lavender

Minum teh lavender secara berlebihan akan mempengaruhi fungsi sistem saraf dan rentan terhadap kelesuan saraf. Selain itu, orang yang minum teh lavender di tempat kerja juga akan menyebabkan relaksasi yang berlebihan dan menurunkan efisiensi kerja. Teh ini cocok untuk meningkatkan kualitas tidur dan diminum di malam hari. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong