Baca dalam 3 menit

Hindari Stres Saat Hamil, Bisa Sebabkan Anak Terkena Penyakit Kronis

Waktu Publish : 20 Sep 2021, 12:27 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Ibu dan Anak - Image from onecountry.com

Bolong.id - Peneliti Australia telah menemukan bahwa kesehatan fisik dan mental yang buruk dari ibu selama kehamilan dan persalinan meningkatkan risiko penyakit kronis untuk anak-anak mereka selama masa bayi dan remaja. Makalah terkait telah diterbitkan dalam jurnal "Public Library of Science • General" di Amerika Serikat.

Dilansir dari Xinhua pada Minggu (19/9/2021), para peneliti di University of Southern Queensland di Australia menganalisis kondisi fisik dan mental lebih dari 5.000 anak dan ibu mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fisik dan mental ibu selama hamil dan satu tahun setelah melahirkan berhubungan erat dengan status kesehatan anak.

Ibu yang menderita penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes selama kehamilan akan secara signifikan meningkatkan risiko anak terkena penyakit kronis selama masa bayi dan remaja. Kecemasan atau depresi pada ibu selama kehamilan dan satu tahun setelah melahirkan juga akan secara signifikan meningkatkan kemungkinan anak menderita penyakit kronis seperti asma dan alergi pada masa bayi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ibu yang minum alkohol lebih dari sekali seminggu selama trimester pertama memiliki kemungkinan 1,68 kali lebih besar untuk memiliki kesehatan yang buruk pada anak-anak mereka. Jika ibu tidak makan telur, susu atau ikan selama kehamilan, atau menyusui kurang dari 6 bulan, kesehatan anak pada masa bayi akan lebih buruk. Jika ibu meluangkan waktu untuk berolahraga selama kehamilan, kesehatan anak akan lebih baik.

Kesehatan fisik dan mental ibu, dan obat-obatan selama kehamilan, seperti asma, diabetes gestasional, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya, atau penggunaan antidepresan, anti -alergi dan obat antibiotik akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Suplemen Zinc Untuk...

  • Lupita
  • 21 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong