Baca dalam 4 menit

Stop 5 Kebiasaan Ini Demi Kesehatan Lambung

Waktu Publish : 05 Sep 2021, 10:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Lambung - Image from 彦医生科普

Jakarta, Bolong.id - Dilansir dari 彦医生科普 pada (5/9/2021), makanan dan cara makan, berpengaruh pada kesehatan lambung. Berikut ini tipsnya.

Berbaring setelah makan

Dalam kebanyakan kasus, tepat setelah makan malam, seluruh orang merasa lelah. Ditambah dengan hari yang sibuk bekerja, banyak orang telah membentuk kebiasaan berbaring segera setelah makan malam.

Gaya hidup ini sangat tidak sehat. Berbaring segera setelah makan tidak hanya akan memperlambat gerak peristaltik usus, tetapi juga mengurangi seluruh kapasitas metabolisme. Dalam jangka panjang, mungkin ada kelemahan limpa dan perut dan gangguan pencernaan, jadi lebih baik berdiri selama 10 menit setelah makan.

ilustrasi makan - Image from 彦医生科普


Penyalahgunaan obat penghilang rasa sakit

Dibandingkan dengan wanita, pria lebih takut dengan rumah sakit. Jika tubuh terasa sakit, mereka akan mencari obat sendiri. Mekanisme sebagian besar obat penghilang rasa sakit adalah meredakan rasa sakit dengan menghambat sintesis prostaglandin.

Zat ini akan menyebabkan rasa sakit menjadi lebih kuat, bahkan membuat Anda merasa bahwa rasa sakit itu tidak normal. Jika Anda menghambatnya, itu sama dengan melemahkan atau menghilangkan rasa sakit.

Namun, situasi ini juga memberikan peran lain dari prostaglandin untuk melindungi mukosa lambung. Obat penghilang rasa sakit mengurangi sekresi prostaglandin dalam tubuh, dan mukosa lambung terus-menerus rusak, bahkan perforasi ulkus.

Penyalahgunaan obat - Image from 彦医生科普

Makan makanan pedas

Untuk orang dengan lambung yang buruk, cobalah untuk makan lebih banyak makanan alkali selama tiga kali makan. Tidak dianjurkan untuk makan makanan pedas. Cobalah untuk makan lebih sedikit jika Anda bisa, karena rangsangan pedas mudah menyebabkan kerusakan pada perut. Orang dengan daya lambung lemah bisa mencoba minum bubur.

Usahakan untuk mengurangi makan makanan yang berminyak dan pedas saat makan, karena kandungan garam dari makanan ini relatif tinggi, yang mudah menimbulkan beberapa penyakit, dan sulit untuk dicerna ketika berada di perut untuk waktu yang lama. Cobalah untuk memilih makanan ringan.

Makanan pedas - Image from 彦医生科普


Waktu makan yang tidak teratur

Banyak orang biasanya memilih untuk tidak makan karena sibuk bekerja, terutama workaholic. Mereka bahkan lupa makan dan tidur saat bekerja. Namun, pola makan yang tidak teratur seperti itu secara langsung akan merusak kesehatan saluran cerna Anda bahkan mempengaruhi seluruh sistem pencernaan.

Lambung adalah organ yang secara ketat mematuhi jadwal. Ini berarti lambung akan mengeluarkan asam lambung ketika saatnya tiba. Jika tidak ada lambung untuk pencernaan saat ini, cairan pencernaan harus mulai mencerna mukosa lambung itu sendiri.

Makan berlebihan

Dengan perbaikan terus-menerus dari kondisi kehidupan material, Anda dapat makan apa pun yang Anda inginkan. Biasanya makan terlalu kenyang juga akan membawa tekanan pada tubuh, terutama perut manusia.

Karena Anda makan terlalu banyak, perut manusia perlu mengeluarkan banyak asam lambung untuk pencernaan, yang sebenarnya meningkatkan tekanan pada limpa dan perut dan sering merasa bingung.

Jika Anda makan terlalu banyak untuk waktu yang lama, itu akan menghabiskan fungsi limpa dan perut manusia. Seiring waktu, mudah untuk menyebabkan bahaya tersembunyi bagi kesehatan Anda.

Makan berlebihan - Image from 彦医生科普

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong